Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan X-Trail dan Terra Tidak Berebut Konsumen

Kompas.com - 05/08/2019, 17:36 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nissan X-Trail terbaru meluncur di GIIAS 2019. Sport Utility Vehicle (SUV) itu dibanderol Rp 530 juta, beririsan dengan SUV Nissan lainnya yaitu Terra dengan harga jual Rp 467 juta - Rp 665 juta on the road (OTR) Jakarta.

Sama-sama berada di kelas SUV dari satu rahim, Nissan mengatakan keduanya tidak akan saling berebut konsumen. Sebab target pembelinya berbeda, X-Trail untuk kaum urban sedangkan habitat Terra di area off road.

Baca juga: Nissan Juke Banting Harga, Diskon Rp 70 Juta

Hana Maharani, Head of Communication Nissan Motor Indonesia (NMI), mengatakan, perbedaan keduanya dapat dilihat dari desain dan sasis yang digunakan. X-Trail memakai sasis monokok sedangkan Terra memakai sasis tangga (ladder frame).

"Penggunaan ladder frame pada Terra membutnya lebih tangguh. Karena habitatnya di sana (non aspal). Sedangkan kalau X-Trail pakai sasis monokok jadi lebih nyaman di perkotaan," kata Hana saat bedah keunggulan fitur X-Trail di GIIAS 2019, beberapa saat lalu.

Lalu dari desain, lanjut Hana, keduanya juga sangat berbeda. Nissan X-Trail lebih modern dan elegan, sedangkan desain Terra dibuat ke arah tangguh, sehingga mengesankan mobil yang kuat di ajak jelajah dua alam.

Baca juga: Mobil Listrik Terlaris Nissan Dijual pada 2020 di Indonesia

"Desainnya juga keduanya kan berbeda. Jadi konsumennya punya segmen yang berbeda,"kata Hana.

Seperti diberitakan, Nissan X-Trail facelift meluncur dengan mengadopsi tujuh fitur keamanan terbaru Nissan Intelligent Mobility (NIM). Fitur-fitur ini pintar dimaksudkan untuk meminimalisir risiko kecelakaan saat berkendara.

Fitur-fitur tersebut yakni, Intelligent Around View Monitor with Moving Object Detection, Intelligent High Beam Assist, Intelligent Forward Collision Warning dan Intelligent Forward Emergency Brake, Intelligent Blind Spot Warning, Inteligent Lane Depature Warning, Intelligent Rear Cross Traffic Alert.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com