Kupas Tuntas Kawasaki Ninja ZX-10R Baru

Kompas.com - 21/07/2019, 08:02 WIB
Kawasaki Ninja ZX-10R KOMPAS.com/RulyKawasaki Ninja ZX-10R

TANGERANG, KOMPAS.com - Sesuai janjinya, Kawasaki Motor Indonesia (KMI) merilis motor baru berkarakter sport di helatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, yakni Ninja ZX-10R.

Dibanderol Rp 480 juta, motor diberi sentuhan mengacu pada motor balap Kawasaki Racing Team (KRT) yang telah mengumpulkan rekor demi rekor di Superbike World Championship. Mulai dari performa dan fiturnya, mengalami ubahan.

Motor dibekali mesin berkapasitas 998 cc berpendingin cairan dengan konfigurasi empat-silinder segaris dan teknologi valve-train terbaru. Sehingga, puncak tenaga kini lebih tinggi, yakni 200 tk dan performa diklaim terus meningkat ketika rpm tinggi.

"Kini cylinder head siap untuk High-Lift Cams, yang sebelumnya hanya terdapat pada Ninja ZX-10RR, kini tersedia di semua model, termasuk New Ninja ZX-10R," kata Sucipto Wijono selaku Line Head Sales and Production Department Marketing and Sales Division KMI di GIIAS 2019.

Kawasaki Ninja ZX-10RKOMPAS.com/Ruly Kawasaki Ninja ZX-10R

Baca Juga : Kawasaki Ninja ZX-10R Melantai di GIIAS

Lalu ada juga sistem KQS dual-direction yang membuat motor dapat menaikan dan menurunkan gigi tanpa kopling. Hal ini dapat mempermudah performa sport riding, juga bisa digunakan di jalan raya pada rpm di atas 2,500 min.

Demi menambah sensasi mengemudi, motor juga telah mengadopsi electronic steering damper atau peredam kemudi elektronik. Melalui input dari sensor kecepatan roda belakang (ECU engine), ECU damper kemudi elektronik tadi bisa menentukan kecepatan motor, serta tingkat kecepatan motor saat akselerasi atau deselerasi.

Lebih lanjut, motor telah menggunakan piranti lunak terbaru dari Bosch IMU (Inertial Measurement Unit) yakni KCMF (Kawasaki Cornering Management Function).

Fitur itu mampu memonitor parameter mesin dan sasis saat melewati tikungan (entry, apex, hingga corner exit) serta mengatur kekuatan rem dan kekuatan mesin untuk mecapai efisiensi pada transisi dari akselerasi ke pengereman, lalu berakselerasi lagi.

KCMF juga berfungsi untuk membatu pengendara untuk menelusuri alur yang mereka inginkan saat di tikungan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X