Tol Cikampek Ditutup, Simak Cara Aman Pilih Jalur Alternatif

Kompas.com - 03/07/2019, 10:41 WIB
Arus kendaraan ke arah Jakarta di ruas tol Jakarta-Cikampak, tepatnya di wilayah Kota Bekasi, tampak padat, Minggu (9/6/2019). KOMPAS.com/DEAN PAHREVIArus kendaraan ke arah Jakarta di ruas tol Jakarta-Cikampak, tepatnya di wilayah Kota Bekasi, tampak padat, Minggu (9/6/2019).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) telah menutup sebagian jalan tol Jakarta- Cikampek sejak Senin (1/7/2019) sampai Jumat (5/7/2019) nanti. Demi keamanan dan kelancaran jalan, para pengguna jalan disarankan untuk mengambil rute lain, beralih ke jalur alternatif dengan masuk jalan arteri.

Pengguna kendaraan bisa memanfaatkan ponsel pintar untuk mencari jalur alternatif terbaik agar terhindar dari kemacetan. Tetapi, memilih jalur alternatif jangan sembarangan, apalagi kawasan tersebut belum pernah digunakan sebelumnya.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) berpendapat bahwa, memiliki jalur alternatif yang berbeda dari kebanyakan orang memang baik. Sebab, memiliki lebih dari satu jalur cadangan disarankan. Tapi jangan sampai lupakan keselamatan dan keamanan berkendara.

Baca Juga : Tol Cikampek Ditutup, Jasa Marga Sarankan Lewat Jalur Lain

"Bila mengacu kepada kondisi kemacetan di daerah Bekasi dan sekitarnya termasuk arteri Cikampek, jalan alternatif memang tak semuanya mendukung. Sehingga pengendara harus pintar dalam memilihnya," kata Sony kepada Kompas.com, Jakarta, Rabu (3/7/2019).

Paling tidak, lanjut Sony, jalan alternatif tersebut memiliki penerangan jalan, tersedia fasilitas umum sepanjang jalan, cukup ramai kendaraan, juga medan jalanan cocok dengan kendaraan yang digunakan. Tidak menggunakan perhiasan mencolok saat di dalam mobil juga perlu agar mengurangi risiko tindak kriminal.

" Jalur alternatif yang memutar sedikit itu tak masalah, asalkan aman dan sudah ditelusuri lebih dahulu. Sebab rute yang lebih pendek cenderung akan lebih padat kendaraan. Lalu jangan menganggap setiap jalan itu aman, tetap waspada," ujar Sony.

Baca Juga : Atur Siasat Lewat Tol Cikampek Agar Tak Tua di Jalan

"Terakhir, disiplin untuk istirahat di tempat yang telah disediakan seperti rest area ketika perjalanan masih panjang. Hal ini dilakukan agar emosi pengendara tidak meluap karena terlalu letih mengemudi," katanya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X