Alasan Fitur Kamera E-TLE Ditingkatkan

Kompas.com - 01/07/2019, 17:23 WIB
Kawasan tilang E-TLE di Sudriman-Thamrin -Kawasan tilang E-TLE di Sudriman-Thamrin

JAKARTA, KOMPAS.com - Polda Metro Jaya telah mengumumkan fitur terbaru dari kamera CCTV yang digunakan dalam sistem tilang elektronik, Senin (1/7/2019). Kamera pengawas tersebut dapat merekam pengemudi yang tidak menggunakan sabuk pengaman dan bermain telepon genggam.

Kasi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Arif Fazlurrahman mengungkapkan fitur ini masih menyasar ke kendaraan roda empat. Tujuan penambahan fitur ini untuk efektifitas penegakan hukum.

"Ini untuk efektivitas penegakan hukum. Kita juga menjadikan Jakarta barometer agar pengendara semakin tertib. Di sisi lain juga menekan angka kecelakaan dan data-data ini dapat kita analisa setiap harinya berapa jumlah yang melintas," ucap Arif, Senin (1/7/2019).

Arif mengungkapkan sistem ini merupakan pengembangan sistem Electronic-Traffic Law Enforcement ( E-TLE) yang sudah diuji coba Oktober 2018 silam. Dalam pengembangannya teknologi pada kamera terpasang ditingkatkan kemampuannya selain penempatannya di beberapa titik.

Baca juga: Tanggapan Pengemudi Tentang Fitur Baru Kamera E-TLE

Sebelumnya, sistem E-TLE hanya dapat mendeteksi pelanggaran seperti menerobos lampu merah dan marka jalan. Sebagai peningkatan, kamera ini ditambah menjadi 12 kamera yang tersebar di 10 titik di jalan Sudirman - Thamrin.

"Ke depan ini kita menunggu dukungan Pemprov DKI karena memang sudah menyatakan siap mendukung E-TLE. Dalam waktu dekat ada alokasi penambahan 81 kamera sebagaimana sesuai dengan pengembangan yang sudah kita petakan untuk DKI baik di wilayah Timur, Utara, Selatan dan kawasan yang memang sementara diprioritaskan," ucap Arif.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X