Kompas.com - 26/06/2019, 11:24 WIB
Ac mobil bisa membuat dehidrasi googleAc mobil bisa membuat dehidrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kenyamanan berkendara juga ditentukan oleh kondisi AC. Namun, AC yang terlalu dingin dapat memicu terjadinya embun. Embun yang kian menebal akan menghasilkan air di seputaran lubang ventilasi. Sebaiknya, jangan anggap enteng hal ini.

Imam Suyudi, Section Head Technical Quality 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), menjelaskan bahwa hal tersebut tidak normal. Menurut Imam, bila kondisi ini terjadi biasanya karena ada saluran air yang tersumbat.

Baca juga: Perawatan Ringan Menjaga AC Mobil Tetap Dingin

"Kalau AC dihidupkan, evaporator akan mengandung uap air, karena akan mengambil uap air dari udara. Istilah ini sering disebut dengan kondensasi," ujar Imam, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Imam menambahkan, jika evaporator dalam keadaan kotor, maka bisa saja menjadi beku. Sehingga, sirkulasi udara tidak dapat bekerja dengan baik dan muncul air di sekitar lubang ventilasi AC.

Baca juga: Kenali Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Apabila hal ini dibiarkan, dampaknya bisa merusak komponen AC lainnya. Selain itu, air juga bisa menetes dan mengenai perangkat elektronik yang ada di sekitarnya.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, lakukan perawatan pada AC secara berkala. Hilangkan juga kebiasaan membuka jendela saat AC dalam keadaan menyala, karena bisa membuat evaporator cepat kotor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.