Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lubang Ventilasi AC Muncul Air, Perhatikan Komponen Ini

Kompas.com - 26/06/2019, 11:24 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kenyamanan berkendara juga ditentukan oleh kondisi AC. Namun, AC yang terlalu dingin dapat memicu terjadinya embun. Embun yang kian menebal akan menghasilkan air di seputaran lubang ventilasi. Sebaiknya, jangan anggap enteng hal ini.

Imam Suyudi, Section Head Technical Quality 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), menjelaskan bahwa hal tersebut tidak normal. Menurut Imam, bila kondisi ini terjadi biasanya karena ada saluran air yang tersumbat.

Baca juga: Perawatan Ringan Menjaga AC Mobil Tetap Dingin

"Kalau AC dihidupkan, evaporator akan mengandung uap air, karena akan mengambil uap air dari udara. Istilah ini sering disebut dengan kondensasi," ujar Imam, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Imam menambahkan, jika evaporator dalam keadaan kotor, maka bisa saja menjadi beku. Sehingga, sirkulasi udara tidak dapat bekerja dengan baik dan muncul air di sekitar lubang ventilasi AC.

Baca juga: Kenali Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Apabila hal ini dibiarkan, dampaknya bisa merusak komponen AC lainnya. Selain itu, air juga bisa menetes dan mengenai perangkat elektronik yang ada di sekitarnya.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, lakukan perawatan pada AC secara berkala. Hilangkan juga kebiasaan membuka jendela saat AC dalam keadaan menyala, karena bisa membuat evaporator cepat kotor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com