Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenaikan Bea Balik Nama Kendaraan Diterapkan Tahun Ini

Kompas.com - 26/06/2019, 07:02 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengusulkan bea balik nama kendaraan bermotor (BBN-KB) naik dari 10 persen menjadi 12,5 persen. Rencana ini disampaikan dalam rapat paripurna penyampaian usulan revisi Perda Nomor 9 Tahun 2010 tentang BBNKB bersama DPRD DKI Jakarta.

Kepala Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta Faisal Syafruddin mengatakan, sekarang ini sedang menunggu Perda Nomor 9 Tahun 2010 tentang BBNKB disahkan oleh DPRD.

"Kita berharap Raperdanya bisa disahkan tahun ini. Jika tahun ini, maka penerapan tarif baru itupun akan dimulai tahun ini juga," ucap Faisal ketik dihubungi Kompas.com, Selasa (25/6/2019) malam.

Baca juga: Siap-siap, STNK Mati 2 Tahun Data Kendaraan Akan Dihapus

Ketika ditanya lagi mengenai waktu tepatnya, Faisal masih menutup rapat informasi itu. Dia hanya berharap DPRD DKI Jakarta bisa segera meresmikan peraturan yang baru, sehingga dapat direalisasikan tahun ini atau dalam waktu dekat.

Menurut Faisal, kenaikan ini bertujuan menyamakan pajak DKI dengan daerah lainnya, karena hanya daerah Ibu Kota yang belum mengalami kenaikan.

Bahkan kenaikan ini sudah diusulkan sejak awal tahun. Jawa Barat sudah mengesahkan perda kenaikan BBNKB sejak Januari 2019.

"Jadi DKI yang belum naik sendiri. Kita sesuaikan, biar sama rata. Jadi orang beli motor di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur sama 12,5 persen," ujar Faisal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com