Siapa Rival Skutik Honda Genio?

Kompas.com - 21/06/2019, 13:42 WIB
Honda Genio Foto: Bayu NurpatriaHonda Genio

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Honda Motor (AHM) telah memperkenalkan skutik Genio, Jumat (21/6/2019). Secara mengejutkan, Honda kembali bermain di kelas skutik 110 cc, berbeda dari perkiraan Honda akan bermain di kelas 150 cc.

Kehadiran Genio menambah daftar skutik 110 cc Honda, sebut saja Beat, Vario dan Scoopy. Hadir dengan banderol Rp 17,2 juta (varian CBS) dan Rp 17,7 juta (CBS ISS), Genio menyasar pasar yang minim rival.

Bila ditelusuri dari segi mesin, rival Genio adalah Suzuki Address yang hadir dengan dua varian yakni FI dan Playful. Skutik ini menggunakan mesin 113 cc dan dibanderol mulai Rp 15,9 juta.

Ada juga model Suzuki Nex II yang dibanderol mulai Rp 15,1 juta. Namun dari segi mesin tidak terlalu berhadapan dengan Genio karena menggunakan mesin 115 cc.

Baca juga: Harga Honda Genio Rp 17 Jutaan

Yamaha sendiri tidak menawarkan mesin 110 cc pada daftar produknya saat ini dan hanya memberikan pilihan mesin 125 cc. Namun melihat dari segi harga Rp 17 jutaan, Genio berhadapan dengan beberapa model dari merek garpu tala.

Model seperti All New Soul GT yang dibanderol mulai Rp 17,3 juta, lalu ada X-ride dengan banderol Rp 18,035 juta, dan Mio S dengan banderol Rp 16,360 juta bisa jadi rival Genio.

Skutik Yamaha lainnya seperti Mio Z dan Mio M3 dibanderol Rp 15,8 jutaan, Fino dengan banderol Rp 18 jutaan dan Freego yang dibanderol mulai Rp 18 jutaan sampai Rp 22 juta tidak berhadapan langsung dengan skutik baru Honda.

Dari penjabaran di atas bisa dikatakan Honda tengah memberikan pilihan untuk penggemarnya di kelas skutik mesin 110 cc. Honda juga sepertinya tidak tertarik untuk mengusing pasar Yamaha atau Suzuki dengan perbedaan mesin dan harga jual.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X