Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Asal Pakai Baut dan Mur Variasi

Kompas.com - 14/06/2019, 17:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa pemilik sepeda motor ada yang senang memodifikasi tampilan motornya, baik mengganti komponennya atau hanya baut dan murnya saja. Namun, perlu diingat bahwa pemilihan baut dan mur juga tidak bisa asal.

Didit Adityawan, builder Newspeed Garage, mengatakan bahwa perlu untuk mengenali material mur dan baut agar paham kelebihan dan kekurangannya.

Baca juga: Modifikasi Jadi Hal Tabu buat Tiap Pabrikan

"Material besi atau baja tentu yang paling kuat, tapi rentan karat. Material aluminium sangat ringan, tapi umumnya memiliki kualitas yang rendah. Material duralium atau duralumin ini adalah aluminium yang lebih kuat," ujar Didit, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Didit menambahkan, jangan lupakan juga fungsi utama mur dan baut. Menurutnya, mur dan baut harus bisa mengikat dengan kuat komponen-komponen dari motor, baik komponen yang ada di mesin maupun yang menempel di rangka.

Baca juga: Tips Memilih Spion untuk Motor Modifikasi

"Kemampuan mengunci ulirnya harus baik. Selain itu, bagian ulir atau dratnya tidak mudah rusak atau slek. Sebaiknya, pilih juga baut dan mur yang mudah dibongkar pasang," kata Didit.

Terakhir, hal yang harus diperhatikan tentu adalah estetikanya alias pemilihan warna dan modelnya. Sesuaikan model dan warnanya dengan sepeda motor Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com