Suzuki dan Toyota Akur di Jepang, Bagaimana di Indonesia?

Kompas.com - 14/06/2019, 08:43 WIB
Suzuki Wagon R terbaru hadir di India Suzuki IndiaSuzuki Wagon R terbaru hadir di India

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota telah mengumumkan akan bekerja sama dengan Suzuki menyambut era kendaraan listrik. Kedua perusahaan sebenarnya tercatat telah menandatangani MOU pada 2017 lalu dan akan memperdalam kerja sama terkait produk dan teknologi.

Lantas apakah kerja sama ini akan terpengaruh ke Indonesia? Direktur Pemasaran 4W PT SIS Donny Saputra belum dapat melihat pengaruh di Tanah Air.

"Kami masih menunggu informasi terkait kerja sama ini karena sudah prinsipal dengan prinsipal di Jepang. Kami akan terus berkoordinasi mengenai kerja sama ini," ucap Donny saat dihubungi Kamis (13/6/2019).

Donny tidak dapat berkomentar lebih jauh mengenai keputusan kerja sama ini sebab kerja sama ini diresmikan bersama manajemen pusat kedua merek.

Toyota sudah mengungkapkan akan bekerja sama dengan Suzuki, juga dengan Daihatsu untuk menghadirkan produk battery electric vehicle (BEV). Model yang diproduksi merupakan model kendaraan kompak.

Baca juga: Adu Spek Suzuki Burgman Street 125 vs Yamaha Lexi

Dari kerja sama yang diumumkan Maret lalu, Toyota akan memberikan teknologi hibrida miliknya untuk digunakan Suzuki di pasar global. Sebagai tambahan Toyota memberikan dua model EV miliknya yakni RA4 dan Corolla Wagon untuk pasar Eropa.

Sebagai timbal baliknya, Suzuki di India akan mendapatkan keuntungan untuk medistribusikan teknologi hibrida di pasar lokal. Untuk Toyota, Suzuki akan menyuplai dua kendaraan kompaknya yakni Ciaz dan Ertiga yang akan dipasarkan di India.

Toyota juga akan mendapatkan mesin Suzuki untuk kendaraan kompak dan memproduksinya di Polandia. Di pasar Afrika, Toyota juga akan memasarkan Baleno, Vitara Breza, Ciaz dan Ertiga.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X