Kompas.com - 11/06/2019, 09:02 WIB
Kendaraan pemudik dari arah Jakarta melewati jalan tol jakarta-cikampek di Cikampek, Jawa Barat, Minggu (2/6/2019). Sistem satu arah atau one way mulai diterapkan di jalan tol Jakarta-Cikampek hingga tol Batang-Semarang di Jawa Tengah pada H-6 Lebaran 2019, Kamis (30/5). KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGKendaraan pemudik dari arah Jakarta melewati jalan tol jakarta-cikampek di Cikampek, Jawa Barat, Minggu (2/6/2019). Sistem satu arah atau one way mulai diterapkan di jalan tol Jakarta-Cikampek hingga tol Batang-Semarang di Jawa Tengah pada H-6 Lebaran 2019, Kamis (30/5).

JAKARTA, KOMPAS.com -Ketika mengemudikan mobil di jalan Tol, Anda harus paham dan mematuhi aturan lalu lintas yang berlaku. Salah satunya, yakni mengenai batas maksimum dan minimum kecepatan karena bersangkutan dengan keamanan dan kenyamanan.

Perlu diketahui bahwa batas kecepatan di jalan tol paling rendah 60 kpj, sementara batas maksimal, yaitu 100 kpj. Ketentuan itu sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 79 Tahun 2013 tentang Jaringan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Baca juga: Cara Menghitung Jarak Aman Saat Mengemudi di Jalan Tol

Meskipun setiap ruas jalan tol juga sudah terpasang rambu-rambu lalu lintas yang mengingatkan batas kecepatan, namun menurut Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), tetap harus memperhatikan faktor lain.

Baca juga: Cara Agar Tetap Aman Saat Mobil Berhenti di Bahu Jalan Tol

"Kondisi mobil kita kan yang tahu ya pengendara itu sendiri. Meskipun sudah ada rambu-rambu yang mengatakan batas kecepatan minimum dan maksimal, tapi kalau mobil kita bermasalah, kita tidak bisa mengikutinya. Sesuaikan dengan kondisi mobil dan pengemudi," ujar Jusri, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jusri menambahkan, ada juga faktor cuaca saat berkendara di jalan tol. Jika turun hujan lebat, jarak pandang terbatas dan jalanan licin, tentu pengendara mobil harus mengurangi kecepatan.

"Saat bawa barang juga jangan samakan dengan kecepatan ideal, turunkan kecepatan. Namun, jangan melewati batas kecepatan minimum," kata Jusri.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X