Terlalu Lebar, Kemenhub Minta Bus Listrik Transjakarta Diperbaiki

Kompas.com - 22/05/2019, 13:42 WIB
Bus listrik dari BYD.Pameran Busworld resmi dibuka, Rabu (20/3/2019). Pameran ini berlangsung di JI EXpo Kemayoran dan menampilkan bus model terbaru dan tercanggih serta bus model lawas Kompas.com/Setyo AdiBus listrik dari BYD.Pameran Busworld resmi dibuka, Rabu (20/3/2019). Pameran ini berlangsung di JI EXpo Kemayoran dan menampilkan bus model terbaru dan tercanggih serta bus model lawas
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Transjakarta sudah mulai melakukan uji coba bus listrik merek BYD mulai bulan Mei 2019. Jika tidak ada kendala, bus listrik buatan China itu diharapkan sudah bisa beroperasi di Jakarta pada akhir tahun.

Dewanto Purnacandra, Kasubdit Uji Tipe Kendaraan Bermotor Kementrian Perhubungan mengatakan, dimensi bus listrik Transjakarta terlalu lebar, karena itu Kemenhub meminta diperbaiki supaya sesuai regulasi.

Baca juga: Simak Jadwal Bus Listrik Transjakarta Mulai Beroperasi

"Ada revisi soal dimensi, karena di China itu regulasi lebar bus boleh mencapai 2,6 meter sedangkan di Indonesia maksimal 2,5 meter, jadi ada kelebihan 10 cm. Karena itu kita minta diperbaiki," kata Dewanto, di Jakarta, Selasa (21/5/2019).

Dewanto mengatakan perbaikan yang diminta tidak sulit. Pihak Transjakarta cukup mencopot lampu sein tambahan yang terletak di samping bodi. Karena adanya lampu sein itu membuat lebar bus keseluruhan menjadi 2,6 meter.

Baca juga: Transjakarta Siapkan Dokumen Uji Coba Bus Listrik

"Tidak masalah. Hanya lampu di samping. Lampu sein ada dua di belakang bagian samping kita minta itu dicabut. Tidak pengaruh terhadap lampu sein aslinya, karena itu hanya tambahan, jadi kita minta itu dicabut saja," katanya.

Seperti diberitakan, uji coba akan dilakukan mulai Mei 2019 selama enam bulan dengan mengoperasikan 10 bus listrik. Uji coba dilakukan di rute Bundaran Senayan - Monas di jalur feeder atau non-bus rapid transit (BRT).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X