Polisi Izinkan Pemudik Istirahat di Bahu Jalan, Tapi dengan Syarat

Kompas.com - 21/05/2019, 13:02 WIB
Sejumlah pemudik memilih menepikan kendaraan dan beristirahat di bahu jalan Tol Cipali, Sabtu (1/7/2017) petang. Semua tempat istirahat (rest area) di tol ini di arah menuju Jakarta penuh sesak dan tak bisa menampung lagi pelintas yang belakangan datang. KOMPAS.com/PALUPI ANNISA AULIANISejumlah pemudik memilih menepikan kendaraan dan beristirahat di bahu jalan Tol Cipali, Sabtu (1/7/2017) petang. Semua tempat istirahat (rest area) di tol ini di arah menuju Jakarta penuh sesak dan tak bisa menampung lagi pelintas yang belakangan datang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan perjalanan mudik dapat membuat badan letih. Apalagi saat sedang puasa, rasa kantuk akibat letih akan lebih terasa. Untuk itu, Korlantas Polri memberikan keleluasaan kepada para pemudik untuk menggunakan bahu jalan sebagai tempat beristirahat.

“Kita imbau kepada para pemudik untuk istirahat 30 menit saja. Setelah itu, lanjutkan perjalanannya lagi,” ujar Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Benyamin, saat dihubungi Kompas.com, Senin (20/5/2019).

Baca juga: Cegah Keletihan saat Mudik, Pakai 3 Jurus Ini

“Kita tidak menyarankan mereka berhenti di bahu jalan, tapi kita juga akan fleksibel di lapangan,” tambah Benyamin.

Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko kecelakaan akibat pengemudi kendaraan yang mengantuk karena kelelahan dan terlalu lama mengemudi. Desi Arryani, Direktur Utama PT Jasa Marga, mengimbau kepada para pemudik untuk tidak memaksakan diri jika sudah lelah menyetir.

Baca juga: Jasa Marga Klaim Rest Area Tol Trans Jawa Sudah Memadai

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kita mengimbau kepada pemudik untuk beristirahat setiap 2 jam atau 400 km. Berhentilah di rest area berikutnya jika rest area yang ditemui sudah penuh, sehingga tidak menimbulkan kemacetan,” saran Desi, saat diskusi yang digelar TerasKita dengan tema ‘Mudik Selamat, Guyun Rukun’ di Hotel Crowne Plaza, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut Desi, Tol Trans Jawa sudah memadai untuk urusan rest area. Dari satu rest area ke rest area berikutnya juga sudah diatur jaraknya sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.