Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Lebaran ke Jakarta, Maaf Tak Bisa Lewat Tol

Kompas.com - 16/05/2019, 15:23 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mengurai kemacetan saat arus mudik Lebaran 2019, pemerintah akan menerapkan lajur satu arah di tol Cikampek mulai tanggal 30 Mei - 2 Juni 2019. One way dimulai dari Km 29 GT Cikarut sampai pintu keluar tol Brebes Barat Km 262.

Karena adanya pengalihan ini, pengendara dari Jawa Tengah atau tempat lain dengan tujuan ke Jakarta atau jalur yang dilewati one way tidak bisa lewat tol. Mereka akan dialihkan ke jalan nasional yaitu Jalur Pantura mulai di pintu keluar tol Brebes Barat.

Baca juga: Potensi Bahaya saat Istirahat Mudik di Dalam Kabin Mobil

"Sebab saat arus mudik badan jalan ini jadi mubazir. Sedikit yang lewat sana (ke arah Jakarta) dibandingkan dengan kendaraan yang keluar (ke arah Jawa Tengah), paling hanya 20-30 persen. Jadi buat yang dari arah Timur (Semarang) kita alihkan ke Pantura," kata Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Benyamin kepada Kompas.com, Kamis (16/5/2019).

Kombes Pol Benyamin mengatakan, meski terkesan menyampingkan kebutuhan pengguna jalan yang lain tapi hal ini sangat dibutuhkan dalam keadaan mendesak. Tanpa mudik pun saat ini Cikampek sudah terkenal macet karena sedang ada pembangunan.

"Jadi kita sosialisasikan kalau ada orang mau ke arah Jakarta dari Semarang, mereka sebaiknya jalan tanggal 29 Mei supaya tidak kena one way. Pun dengan warga Bandung kalau ke Jakarta bisa lewat Puncak. Di sana pun pasti padat tapi yang penting mengalir,"

Setelah one way saat arus mudik selama empat hari 30 Mei - 2 Juni 2019 akan dilanjutkan dengan one way arus balik yakni tanggal 8-10 Juni 2019. Tujuannya yaitu untuk mengurai penumpukan kendaraan yang akan masuk Jakarta.

"Kalau kita tidak lakukan hal ini macet di Cikampek bisa mengunci. Tentu kita tidak ingin pengalaman yang sudah-sudah terjadi lagi. Kalau ada kemacetan itu pasti terjadi tapi yang penting jalan, tidak sampai mengunci atau diam," kata Benyamin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com