Tim Satelit Suzuki Baru Eksis pada Musim 2021

Kompas.com - 14/05/2019, 16:22 WIB
Duet pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir dan Alex Rins saat peluncuran motor GSX-RR untuk musim kompetisi MotoGP 2019, Minggu (3/2/2019). Screenshot Motogp.comDuet pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir dan Alex Rins saat peluncuran motor GSX-RR untuk musim kompetisi MotoGP 2019, Minggu (3/2/2019).

LE MANS, KOMPAS.com - Pimpinan skuad Suzuki MotoGP Davide Brivio menegaskan bahwa pabrikan Jepang ini tidak akan memiliki tim satelit untuk tahun depan. Pihaknya masih mengkaji segala aspek pendukung untuk melancarkan rencana tersebut.

Tahun lalu, Suzuki sudah hampir mendapat kesepakatan dengan Marc VDS yang juga ingin menggunakan GSX-RR sebagai senjata mereka. Sayangnya, tim asal Belgia tersebut mundur dari MotoGP.

Di awal tahun ini, Brivio sempat bilang sedang mengusahakan untuk punya tim satelit di tahun 2020. Namun, ternyata rencananya ini belum mencapai kesepakatan dengan para petinggi Suzuki di Hamamatsu, Jepang.

Baca juga: Gawat, Marshal Ini Curi Komponen Motor Alex Rins saat Selebrasi

" Tim satelit sepertinya tidak akan ada sebelum musim 2021. Kami sedang bicara dengan orang-orang di pabrikan, untuk mendapat semua yang dibutuhkan, mulai dari logistik dan material untuk memenuhi dua motor tambahan, tapi semua berjalan lambat," ujar Brivio kepada Motorsport.com

Kesempatan Suzuki untuk dapat tim satelit juga semakin sulit. Pasalnya, tim-tim yang ada sekarang ini sudah punya hubungan yang kuat dengan tim pabrikannya.

LCR, Tech 3, Pramac, dan Petronas SRT, semua sudah dipegang oleh Honda, KTM, Ducati, dan Yamaha. Tinggal menyisakan Avintia, tapi mereka sendiri sudah memperpanjang kontraknya dengan Ducati untuk satu musim lagi di tahun 2020.

Baca juga: Alex Rins Mengaku Belum Bisa Salip Marquez

Selain Suzuki, masih ada Aprilia juga yang belum punya tim satelit. Namun, mereka menegaskan untuk membangun motor yang kompetitif terlebih dahulu sebelum melangkah lebih jauh. Sejak berdiri sebagai tim pabrikan, mereka belum pernah naik podium.

Secara teori, masih bisa dibuka dua slot motor lagi di grid untuk tim baru. Tapi slot ini pun sudah diamankan oleh Dorna untuk tim VR46 milik Valentino Rossi ketika ia memutuskan untuk pensiun nanti.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Motorsport
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X