MPV Bekas di Bawah Rp 150 Juta

Kompas.com - 14/05/2019, 03:02 WIB
Nissan Grand Livina Special Version.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Nissan Grand Livina Special Version.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil bekas (mobkas) menjadi salah satu opsi menarik bagi masyarakat yang ingin punya mobil namun dengan kondisi budget terbatas. Termasuk bagi yang sedang mencari mobil keluarga tujuh penumpang sebagai sarana transportasi mudik Lebaran ke kampung halaman.

Melihat harga baru dari mobil low multi purpose vehicle ( LMPV) saat ini, memang tak lagi murah, bahkan bisa dibilang sudah tak ada lagi yang kisarannya berada di bawah Rp 150 juta. Tapi bila mencari di pasar mobkas, dengan modal tadi Anda memiliki beragam pilihan mobil keluarga.

"Dengan modal Rp 150 juta, di pasar mobkas sudah punya banyak opsi MPV yang bisa dipilih, apalagi saat ini kondisi pasar cenderung stagnan sehingga rata-rata harga dari mobil bekas meski jelang Lebaran juga tidak mengalamai kenaikan," ucap Senior Marketing Manager WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih saat dihubungi Kompas.com, Senin (13/5/2019).

Baca juga: Tiga Mobil Paling Favorit di Bursa Lelang Mobkas

Herjanto menjelaskan ada beberapa mobil MPV bekas merek Jepang yang bisa dibawa pulang dengan harga jual di bawah Rp 150 juta. Pilihan mereknya pun beragam yang bisa menjadi bahan pertimbangan bagi konsumen sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli.

Diler mobkas di MGKStanly/Otomania Diler mobkas di MGK

Contohnya seperti Avanza dan Xenia lansiran 2013 atau 2014 yang biasanya dipasarkan dengan harga Rp 120 juta sampai Rp 130 juta untuk transmisi manual, dan Rp 135 jutaan untuk transmisi otomatisnya. Selain itu, masih ada Suzuki Ertiga keluaran 2014 yang estimasi harganya diklaim Herjanto mulai dari Rp 130 juta sampai Rp 150 jutaan.

Konsumen juga bisa melirik harga bekas dari Nissan Livina keluaran 2014 atau 2015. Mobil ini dipasarkan di bawah Rp 150 juta, bahkan bagi yang memilih transmisi matik, Livina lawas justru lebih modern karena sudah menggunakan CVT tidak seperti generasi barunya yang malah menggunakan transmisi matik konvensional.

Baca juga: Beli Mobil Bekas, Intip Dulu Interiornya

MPV bekas terakhir yang bisa dibawa pulang dengan harga tak lebih dari Rp 150 juta adalah Honda Mobilio. Untuk model 2014, Mobilio kini diklaim Herjanto Rp 135 jutaan, sementara untuk pilihan matiknya, Rp 5 juta sampai Rp 7 juta lebih mahal.

"Mobil keluarga di bawah Rp 150 juta itu sebenarnya banyak pilihan, tapi kita ambil berdasarkan urutan waktu batas pemakaian, yakni lima sampai enam tahun, karena kalau sudah terlalu lama cukup riskan juga secara kondisi dan pemakaiannya," kata Herjanto.

Livina masih jadi incaran di pasar mobil bekas meski model terbarunya sudah hadirKompas.com/Setyo Adi Livina masih jadi incaran di pasar mobil bekas meski model terbarunya sudah hadir
Sementara itu, Ridwan pemilik showroom mobkas Cemerlang di Jakarta Timur, mengatakan dengan modal Rp 150 juta, konsumen juga bisa membeli mobil keluarga seken dengan tahun yang lebih mudah, yakni 2018. Namun pilihannya lebih menyasar pada mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/ LCGC).

"Sigra atau Calya transmisi otomatatis tahun 2017 akhir itu sekitar Rp 122 jutaan, sementara yang 2018 pertengahan 128 jutaan. Itu juga masih bisa jadi pilihan karena konsepnya tiga baris untuk keluarga dan lumayan banyak dicari saat musim mudik sekarang," ucap Ridwan.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X