Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Periksa Oli Mesin Motor itu Mudah, Bisa Sambil Ngabuburit

Kompas.com - 13/05/2019, 16:53 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Oli mesin termasuk memiliki fungsi yang vital pada kendaraan, termasuk sepeda motor. Komponen ini yang melumasi seluruh bagian di dalam mesin. Untuk itu, perlu dilakukan pemeriksaan secara berkala terhadap pelumas ini.

Tidak sulit untuk melakukan pemeriksaan oli mesin, baik itu motor sport, bebek, atau skutik. Alat-alat yang dibutuhkan pun hanya tang untuk membuka tutup pengisian oli atau tangkai pengukur dan lap bersih. Waktu yang dibutuhkan juga tidak lama, bahkan bisa dilakukan sambil ngabuburit, menunggu waktu berbuka puasa.

Baca juga: Pilihan Baru Oli Motor dan Mobil LCGC

"Jika mesin dingin, biarkan mesin berputar stasioner selama 3-5 menit. Lalu matikan mesin dan tunggu selama 2-3 menit. Sebaiknya posisikan motor dengan standar tengah atau di tempat yang rata," ujar Wahyu, mekanik bengkel umum di daerah Sawangan, Depok, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Selanjutnya, lepaskan tutup pengisian oli dan laplah dengan bersih. Setelah itu, masukkan kembali tangkai pengukur sampai menyentuh dudukannya. Tapi, tidak perlu menyekrupkannya hingga mentok.

Pastikan tinggi permukaan oli berada di antara tanda batas permukaan teratas dan terbawah pada tangkai pengukur oli.

Baca juga: Oli Motor Gampang Boros, Kenali Ini Penyebabnya

"Jika oli mesin berada di bawah atau dekat dengan tanda batas terbawah, bisa tambahkan dengan oli baru. Tapi, jangan sampai berlebihan," kata Wahyu.

Menurut Buku Pedoman Pemilik Kendaraan Bermotor, mengisi mesin dengan oli berlebihan atau berkendara dengan oli yang tidak mencukupi dapat menyebabkan kerusakan pada mesin motor.

Selain itu, jangan mencampurkan oli dari berbagai merek dan kelas. Pasalnya, ada perbedaan komposisi yang terkandung di masing-masing oli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com