Lima Mobil Turbo di Telkomsel IIMS 2019

Kompas.com - 29/04/2019, 20:42 WIB
Wuling Almaz di Telkomsel IIMS 2019 Wuling Almaz di Telkomsel IIMS 2019
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan teknologi mobil semakin tahun semakin pesat. Bahkan teknologi yang sebelumnya sempat dipandang sebelah mata sebagai perangkat aftermarket pun kini sudah mulai menjadi bagian terpenting yang juga memiliki peran lebih sekaligus nilai tersendiri, yakni turbo engine.

Bila diperhatikan, beberapa produk mobil baru yang diluncurkan agen tunggal pemegang merek (ATPM) pun sudah mulai banyak mengadopsi turbo.

Ada yang sebagai penujang karena memiliki mesin berteknologi tinggi, tapi banyak pula yang dijadikan konpensasi karena adanya degradasi kubikasi mesin agar tetap mendapat tenaga maksimal tanpa mengorbankan efesiensi bahan bakar.

Nah, pada gelaran Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, ada beberapa mobil baru yang meluncur dengan mengusung turbo engine. Bicara soal segmennya pun cukup luas, mulai dari mobil keluarga tujuh penumpang, sedan, SUV, sampai jajaran mobil premium.

Baca juga: Wuling Lepas Harga Resmi Cortez Turbo dan Confero S ACT

Wuling Cortez 1.5L Turbo CVT Wuling Cortez 1.5L Turbo CVT

Meski cukup banyak, namun ada lima mobil yang menurut Kompas.com cukup mengundang perhatian para penggunjung IIMS 2019. Kelima mobil ini ada yang benar-benar baru, ada juga yang sudah lumayan lama beredar.

Pertama datang dari varian baru keluarga Wuling, yakni Cortez 1.5L Turbo. Mobil yang beberapa waktu lalu resmi mengaspal dengan tiga varian ini cukup mendapat respon positif karena sebagai satu-satunya mobil keluarga tujuh penumpang dengan mesin 1.500 cc yang sudah dibekali mesin turbo.

Tidak hanya itu, Cortez CT pun juga mengusung transmisi CVT delapan percepatan serta mendapat beberapa penyegaran dan fitur baru, seperti keyless entry dan start stop button. Sementara dari harga, Wuling membanderol Cortez CT mulai dari Rp 232 juta untuk yang versi manual, Rp249 juta untuk 1.5L CVT Comfortabel, dan Rp 282 juta untuk varian tertingginya, 1.5L Turbo CVT Luxury.

DFSK Glory 560 di Telkomsel IIMS 2019 DFSK Glory 560 di Telkomsel IIMS 2019

Mobil kedua masih dari keluarga Wuling yang bermain di segmen SUV menengah, yakni Almaz. Dari sisi spesifikasi mesin, antara Almaz dan Cortez CT memang tidak berbeda, hanya saja memang berbeda genre. Almaz menjadi mobil yang juga tak kalah menarik perhatian pengunjung IIMS, apalagi dengan fitur yang berlimpa harganya terbilang sangat kompetitif, yakni Rp 318, 8 juta.

DFSK Glory 560 menjadi produk baru yang juga tak kalah menarik perhatian pengunjung. Datang dengan mesin 1.500 cc, Glory juga ikut mengapikasi turbo, bahkan Glory 560 menjadi low sport utility vehicle (LSUV) pertama yang memiliki turbo. Manariknya lagi, soal banderol harga juga dijual sangat kompetitif, yakni mulai dari 189 juta hingga Rp 239 juta.

Baca juga: Modal DFSK 560 Usik Rush, Terios, dan BR-V

Mobil BMW Z4 generasi ketiga terlihat saat peresmian di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (25/4/2019). Sedan sport itu mulai tersedia di semua jaringan penjualan BMW pada 26 April 2019 dan dibanderol Rp 1.459.000.000 belum termasuk pajak alias off the road.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Mobil BMW Z4 generasi ketiga terlihat saat peresmian di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (25/4/2019). Sedan sport itu mulai tersedia di semua jaringan penjualan BMW pada 26 April 2019 dan dibanderol Rp 1.459.000.000 belum termasuk pajak alias off the road.

Produk keempat diwakili oleh Honda CR-V Turbo yang juga bermesin 1.500 cc. Meski bukan barang baru, tapi CR-V bisa dibilang menjadi pelopor memperkenalkan kembali teknologi turbo di Indonesia, menariknya, meski memiliki mesin yang kecil, tapi soal tenaga dari mobil yang dibanderol mulai dari Rp 478,5 juta sampai Rp 518,5 juta ini lebih tinggi dibandingkan mesin 2.000 cc konvensionalnya.

Kelima datang dari produk BMW terbaru yang mejadi bintang utama, yakni All New Z4. Saudara kembar dari Toyota Supra yang dipasarkan sebesar Rp 1,459 miliar of the road tersebut mengusung mesin 1.998 cc yang pastinya juga sudah dibekali TwinPower Turbo yang mampu menghempaskan tenaga sebesar 258 tk dan torsi 400 Nm.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X