Kemenhub Siapkan 1.200 Bus Mudik Gratis 2019

Kompas.com - 23/03/2019, 08:02 WIB
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski masih beberapa bulan lagi, namun Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sudah mengumumkan bakal menggelar program mudik gratis 2019. Untuk jumlah angkutan meningkat dibandingkan 2018 lalu, yakni 1.200 unit bus.

"Kami siapkan 1.200 bus untuk mudik gratis pada tahun ini. Jumlahnya naik 11 persen karena tahun 2018 lalu hanya 1.073 unit," ucap Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi dalam keterangan resminya, Kamis (21/3/2019).

Budi menjelaskan penambahan armada dilakukan menyesuaikan target yang ditetapkan untuk tahun ini. Bila pada 2018 lalu terdapat 44.041 peserta mudik gratis, di 2019 Kemenhub berencana untuk untuk memulangkan sekitar 54.000 masyarakat dari Jabodetabek, dengan tujuan yang bertambah menjadi 40 kota.

Baca juga: Mudik, Euforia, Mimpi Buruk, dan Kali Kenteng

Bukan hanya memfasilitas dengan bus, Kemenhub juga menyediakan 100 truk yang akan dipergunakan untuk membawa 3.500 sepeda motor milik pemudik. Hal ini dilakukan untuk mengurangi jumlah penggunaan motor sebagai transportasi mudik mengingat risiko yang cukup tinggi.

"Selain mudik untuk arus balik juga kami siapkan. Dari jumlah 1.200 busa tadi, 970 bus nantinya untuk untuk arus mudik, dan sisanya untuk arus balik. Kuota arus mudik sebanyak 43.650 orang, dan untuk arus balik sebanyak 10.350 orang," ujar Budi.

Motor gratis diangkut dengan dua Truk Khusus pengangkut sepeda motor tiba di Trenggalek (03/07/2016)Slamet Widodo Motor gratis diangkut dengan dua Truk Khusus pengangkut sepeda motor tiba di Trenggalek (03/07/2016)
Untuk truk pengangkut motor sendiri juga mendapat jatah, yakni 2.625 pada saat mudik yang akan didukung dengan 75 truk. Sementara sisa unit truk lainnya disiapkan untuk arus balik dengan kuota hanya 875 unit.

Baca juga: Penumpang Juga Punya Peran Jaga Keselamatan saat Mudik

Bagi masyarakat yang ingin memfaatkan fasilitas mudik gratis dari Kemenhub, saat ini sudah bisa melakukan pendaftaran secara online melalui http://mudikgratis.dephub.go.id. Atau, masyarakat bisa langsung datang ke kantor Kemenhub pada saat jam kerja dengan membawa persyaratan seperti, fotokopi KTP dan STNK motor.

"Pemberangkan mudik gratis sepeda motor ada di lima tempat, yakni Kanotr Bulog Drive I, kemudian dari Bogor, Tangerang, dan Bekasi. Untuk mudik gratis penumpang, dipusatkan di Monas pada 31 Mei dan 1 Juni 2019," ucap Direktur Angkutan Jalan Ahmad Yani.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.