Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Februari 2019, Vario Mendominasi Ekspor Honda

Kompas.com - 19/03/2019, 08:02 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Vario menjadi salah satu model yang mendominasi kegiatan ekspor PT Astra Honda Motor (AHM) pada Februari 2019. Pengiriman secara utuh/completely built-up/CBU Vario Series mencapai 11.616 unit.

Kontribusi lain disumbangkan oleh BeAT series, Sonic 150, CRF150, dan CBR150. Negara yang mendominasi untuk bulan lalu, yaitu Bangladesh dan Filipina.

General Manager Overseas Business Division AHM Kurniawati Slamet mengatakan, pertumbuhan ini merupakan bukti komitmen AHM untuk mendukung upaya peningkatan ekspor pemerintah.

"Pertumbuhan ini merupakan salah satu bentuk komitmen kami dalam menggarap pasar ekspor dengan produk-produk kompetitif karya anak bangsa. Kami harapkan berkontribusi mempercepat pulihnya neraca perdagangan kita," ujar Kurniawati dalam siaran resmi, Selasa (19/3/2019).

Baca juga: Ekspor Motor Honda Masih Jauh dari Target

Bukan hanya motor, AHM juga melakukan pengiriman komponen motor Honda secara terurai (CKD/Completely Knocked Down) seperti ke Vietnam, Malaysia, Jepang, Thailand, dan Kamboja. Tercatat 18.060 set CKD sepeda motor Honda terkirim sepanjang Februari 2019.

Honda BeAT dengan Penampilan Barudok.AHM Honda BeAT dengan Penampilan Baru

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) pada Februari 2019, ekspor motor buatan dalam negeri ke pasar global tumbuh 42 persen dengan total pengiriman 54.750 unit.

Sementata pada bulan yang sama tahun lalu hanya 38.679 unit. Artinya pertumbuhan ekspor motor produksi AHM jauh melampaui pertumbuhan ekspor industri, yaitu melonjak 122 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com