Ignis Belum Rakitan Lokal, Ini Alasan Suzuki

Kompas.com - 08/03/2019, 13:24 WIB
Suzuki luncurkan Ignis Sport Edition Ghulam Nayazri/Kompas.comSuzuki luncurkan Ignis Sport Edition
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki sudah punya rencana akan memproduksi lokal Ignis di Indonesia, bahkan telah digaungkan sejak dua tahun lalu. Tetapi, sampai sekarang mobil kota (city car) itu statusnya masih diimpor utuh dari India.

Menurut penjelaskan Setiawan Surya, 4W Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selain Jimny, Ignis juga merupakan model yang sedang diminta kepada prinsipal untuk bisa dirakit di pabrik Suzuki di Indonesia.

Namun, prinsipal Suzuki di Jepang belum memberikan izin. Lantas apa penyebabnya sampai sekarang model tersebut masih diimpor dari India, padahal secara jumlah penjualan cukup tinggi.

"Kami belum mendapatkan respon lagi dari prinsipal. Mereka hanya bilang kita pelajari dulu lebih mendalam soal rencana itu," ucap Setiawan belum lama ini ketika berbincang dengan Kompas.com di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat.

Baca juga: Ignis Masih Jadi “City Car” Terlaris Sampai Sekarang

Menurut Setiawan, mungkin Suzuki Motor memiliki strategi lain, yang belum bisa diinformasikan kepada Suzuki di Indonesia, sehingga sampai sekarang belum bisa dirakit lokal.

Ignis tampil beda di IIMS 2018Kompas.com/Setyo Adi Ignis tampil beda di IIMS 2018

"Kalau kita banyak minta, agar produk lokal kita bertambah. Mungkin mereka sedang menghitung dulu secara ekonomisnya bagaimana. Mudah-mudahan ada kabar baik, karena kita maunya juga begitu," ujar Setiawan.

Berdasarkan data yang dirilis Suzuki, sepanjang 2018 Ignis terjual sebanyak 13.802 unit. Bahkan diklaim menjadi raja city car di pasar otomotif nasional dengan pangsa pasar 45,5 persen.

Seharusnya dengan jumlah penjualan sebanyak itu, PT SIS sudah mampu mengantongi izin merakit Ignis di Indonesia. Suzuki sendiri memiliki empat fasilitas pabrik di Indonesia.

Suzuki di Indonesia setidaknya mampu merakit 1,2 juta unit sepeda motor dan 240.000 unit mobil dalam setahun.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X