Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xpander Manual Lebih Dipilih di Daerah Ini

Kompas.com - 01/03/2019, 08:52 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

MANADO, KOMPAS.com - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) terus mengupayakan layanan purna jual bagi konsumen di berbagai daerah. Paling baru adalah kehadiran diler Beta Berlian- Manado yang diresmikan pada Kamis (28/2/2019).

Khusus untuk pasar Sulawesi Utara, Mitsubishi meyakini pasar untuk model kendaraan low MPV masih akan terus berkembang. Uniknya, di wilayah Manado perkembangan model yang paling banyak adalah untuk transmisi manual.

“Untuk Manado, tipe manualnya punya porsi lebih besar. Memang Xpander ini dihadirkan pertama menyasar untuk pasar otomatis, terutama untuk di wilayah kota. Pada 2017-2018 kemarin porsi manual dan otomatis itu 60-40,” ucap Branch Manager Beta Berlian-Manado Rudi Ardianto, Kamis (28/2/2019).

Rudi mengungkapkan dari sisi model, varian terbanyak yang disasar porsinya adalah Exceed manual kemudian menyusul Sport manual. Untuk waktu pengiriman ke wilayah Sulawesi Utara saat ini konsumen hanya menunggu sekitar satu minggu kecuali untuk warna-warna tertentu yang bisa sampai tiga minggu.

Baca juga: Penjualan Xpander Unggul dari Avanza Januari 2019

“Tapi itu karena jadwal shipping (pengiriman lewat kapal laut) saja. Seminggu dua kali dikirimnya dari Jakarta,” ucap Rudi.

Mengenai pasar Xpander di Sulawesi Utara, Rudi mengungkapkan pada Januari sampai Februari awal tahun ini, penjualannya sekitar 90 sampai 100 unit yang dihasilkan dari dua diler di Manado. Untuk model seperti Pajero Sport, pejualannya di angka 25 sampai 30 unit.

“Hadirnya diler ini harapannya bisa memaksimalkan penjualan. Kami mengincar perkembangan di daerah Tomohon, Bitung, dan Tondano. Manado masih gemuk namun sepertinya stagnan, jadi kita coba ekspansi ke luar yang memiliki ceruk pasar yang besar. Harapannya untuk diler ini sendiri saja bisa menjual 100 unit per tahun,” ucap Rudi. 

Pertumbuhan ekonomi wilayah Sulawesi Utara pada 2018 tumbuh 6,01 persen yang didukung dari pertumbuhan sektor pariwisata dan pertanian perdagangan perikanan dan serta konstruksi.

Baca juga: Rapor Penjualan Mitsubishi Xpander Awal 2019

Total penjualan kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi Motors di Sulawesi Utara sebesar 934 unit dengan pangsa pasar sebesar 8 persen pada Januari-Desember 2018, meningkatkan sebesar 3 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Dari data di atas, Xpander dan Pajero Sport menjadi model andalan. Xpander berhasil meraih pasar 14 persen dan Pajero Sport dengan pangsa pasar 49 persen (Januari-Desember 2018) dimana hasil ini meningkat 3 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com