Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Xpander Unggul dari Avanza Januari 2019

Kompas.com - 28/02/2019, 15:02 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hasil penjualan di segmen low multi purpose vehicle (LMPV) belakangan ini selalu menjadi pusat perhatian. Apalagi setelah kedatangan pendatang baru seperti Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero.

Peta persaingan di kelas mobil sejuta umat itu menjadi dinamis, terutama di papan atas yang tak melulu dihuni oleh Toyota Avanza. Pendatang baru, yaitu Xpander langsung menjadi rival tangguh Avanza, dan juga model lain di segmen itu.

Berdasarkan data wholesales (pabrik ke diler) yang diinformasikan oleh Mitsubishi dan Toyota, Xpander pada Januari 2019 ini berhasil memimpin lagi atau menduduki peringkat teratas dengan hasil penjualan mencapai 5.708 unit.

Sementara Avanza yang juga baru mengalami penyegaran pada pertengahan Januari 2019, terjual 5.568 unit. Jelas jumlah tersebut menjadikan mobil sejuta umat Toyota menduduki peringkat kedua karena selisih lebih kecil 140 dari Xpander.

Baca juga: Ada Perubahan yang Tidak Terlihat Mata dari New Avanza

"Untuk Avanza memang baru setengah bulan. Hasil tersebut pun cukup baik untuk kurang lebih setengah bulan," ujar Anton Jimmy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (26/2/2019).

Toyota Avanza-Xenia Facelift 2019KOMPAS.com / Aditya Maulana Toyota Avanza-Xenia Facelift 2019

Anton melanjutkan, permintaan pun terus bertambah sehingga konsumen yang membeli sedikit menunggu, kurang lebih sekitar 1,5 bulan hingga 2 bulan.

"Karena masih baru, produksi pun belum terlalu penuh di Januari 2019," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com