Beban Berat yang Dipikul Nissan Livina

Kompas.com - 20/02/2019, 08:42 WIB
All New Nissan Livina KOMPAS.com / Aditya MaulanaAll New Nissan Livina

JAKARTA, KOMPAS.com - All New Nissan Livina memikul beban berat. Bagaimana tidak, low multi purpose vehicle (LMPV) hasil rebadge dengan Mitsubishi Xpander itu punya tugas mengembalikan lagi posisi Nissan Motor Indonesia (NMI) untuk masuk sebagai 10 merek otomotif terlaris di Tanah Air.

Sebab, sekarang Nissan menduduki posisi 11 berdasarkan dari hasil penjualan mobil tahunan yang dirilis oleh Gabungan Industri Kendaraan Motor Indonesia (Gaikindo). Secara wholesales (pabrik ke diler) tahun lalu hanya menjual 6.885 unit, dan retail (diler ke konsumen) 6.999 unit.

Performa Nissan tahun lalu pun kalah dengan Datsun dan juga merek pendatang baru asal China, yaitu Wuling. Sepanjang 2018 Datsun menjual 10.433 unit, sementar Wuling 17.002 unit secara wholesales.

Isao Sekiguchi, President Director PT Nissan Motor Indonesia (NMI) mengatakan, pertanyaan yang cukup sulit jika ditanya mampukah Livina mengembalikan posisi itu lagi. Menurut dia tergantung dari kondisi pasar ke depannya.

Baca juga: Mesin Livina Sama Seperti Xpander

"Kami akan melakukan yang terbaik dan untuk bisa mewujudkannya kami membutuhkan bantuan Anda semua dan juga penerimaan dari konsumen tentunya," ujar Sekiguchi di kawasan Jakarta Pusat, Selasa (19/2/2019).

Target yang Ditutupi

All New Nissan Livina dengan platform XpanderAditya Maulana/Kompas.com All New Nissan Livina dengan platform Xpander

Pria asal Jepang itu juga tidak mau menjelaskan soal target penjualan Livina, baik secara bulanan ataupun tahunan. Namun Nissan merasa optimistis bahwa LMPV-nya ini bisa diterima dengan baik oleh konsumen di Indonesia.

"Tunggu saja nanti. Tentunya kami optimistis, tapi kembali lagi apa yang kami lakukan di Indonesia bagaimana untuk membangun tradisi baru dengan Nissan Intelligent Mobility. Dan seperti yang sudah kami luncurkan 2 mobil sekaligus, dimana hal itu bukan hal biasa bagi kami," kata dia.

Perlu diketahui bahwa untuk kembarannya, yakni Xpander ditargetkan bisa terjual 5.000 unit per bulan. Bahkan secara pencapian melebihi dari jumlah tersebut, sehingga menjadikan LMPV Mitsubishi itu menduduki urutan kedua mobil terlaris di segmen mobil sejuta umat pada 2018.

Jadi, mampukah Livina mengembalikan keadaan Nissan seperti beberapa tahun sebelumnya yang selalu masuk dalam daftar 10 merek terlaris di pasar otomotif nasional? "Kita lihat nanti," ucap Sekiguchi singkat.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X