Saat Honda Monkey Tak Lagi "Imut"

Kompas.com - 10/01/2019, 08:02 WIB
Monkey Racer K-Speed Monkey Racer K-Speed

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Monkey menjadi salah satu sepeda motor ikonik yang sampai saat ini memiliki banyak penggemar. Dimensi yang mungil dan desain yang kental dengan paduan aura retro klasik membuat Monkey seakan tak lekang oleh waktu.

Namun bagaimana bila si mungkil Monkey ini dirombak habis-habisan, bahkan dengan konsep yang bisa dibilang out of the box. Contoh seperti hasil karya kustom yang dilakukan oleh builder asal Thailand, K-Speed.

Tampilan imut Monkey dengan desain yang mungil disulap menjadi aura sporty khas motor balap Inggris bergenre Cafe Racer. Lagi-lagi harus diakui bila dunia modifikasi memang tak kenal batasan dalam mewujudkan imajinasi berkarya. Ide dan invoasi baru selalu dibutuhkan untuk menghasilkan sebuah karya yang berbeda.

Baca juga: Dua Motor Kustom Tanah Air, Kibarkan Merah Putih di Yokohama

Monkey Racer K-Speed Monkey Racer K-Speed

Melihat dari tampilannya, K-Speed rasanya sudah banyak melakukan perubahan pada Monkey baru yang menggusung mesin 125 cc tersebut. Mulai dari bagian kaki-kaki, tangki, jok, sampai frame-nya, sudah dikustom ulang untuk mendapatkan kesan racer.

Melansir dari bikeexif.com, rupanya K-Speed membenamkan sub frame baru dengan desain yang slim. Sementara pada bagian kaki-kaki, tak lagi menggunakan roda berdimensi 12 inci. Untuk mendapatkan proposisi yang baik, maka dimensi roda dinaikan menggunakan ring 14 inci.

Pelek pun ikut dikustom agar bisa sesuai dengan ban berdimensi lebar dan diberikan penutup tengah seperti cover pada pelek mobil. Sedangkan sistem suspensi belakang dipilih keluaran YSS dengan dimensi yang pendek.

Monkey Racer K-Speed Monkey Racer K-Speed

Baca juga: Chopper dan Cafe Racer Masih Jadi Tren di 2019

Untuk tangki, rupanya builder tak mau repot-repot membuat ulang, karena itu diputuskan untuk menggunakan bawaan Monkey dengan model yang berbeda dan sudah dilapisi kilau krom. Jok pun ikut disesuaikan dengan rancangan tersendiri ala single seater yang dibungkus dengan kulit berwarna gelap.

Gaya Cafe Racer makin kental saat sektor depan mendapat ubahan drastis. Mulai dari penempatan headlamp bulat berlapis kisi-kisi gril, serta pemasangan stang jepit. Untuk suspensi depan diklaim telah dipangkas sebanyak tiga inci yang membuat posisi berkendara akan sedikit menunduk, tak heran bila motor ini pun dijuluki Monkey Racer.

Monkey Racer K-Speed Monkey Racer K-Speed

Sistem knalpot dikustom dengan model lingkar leher yang berada di kolong mesin bergaya SuperTrapp. Terakhir, hampir seluruh tampilan Monkey Racer didominasi dengan warna hitam yang membuatnya terlihar lebih gahar.



Close Ads X