Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah 93.600 Kendaraan Meninggalkan Jakarta

Kompas.com - 22/12/2018, 15:02 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lonjakan arus lalu lintas libur Natal dan tahun baru sudah mulai terpantau. Menurut data PT Jasa Marga (Persero), Jumat (21/12/2018) malam, tercatat 93.600 kendaraan sudah keluar dari Jakarta melalui Gerbang Tol Cikarang Utama.

"Kondisi ini berarti 58 persen meningkat dibandingkan lalu lintas normal harian yang jumlahnya berkisar 58.900 kendaraan. Jumlah tersebut juga naik dari prediksi awal yang menandakan masyarakat sangat antusias untuk melakukan perjalanan," ucap Corporate Communication Jasa Marga Dwimawan Heru, dalam keterangan resminya, Sabtu (22/12/2018).

Sementara untuk Sabtu (22/12/2018), arus lalu lintas di ruas Jakarta-Cikampek sudah mulai mengalami kepadatan kembali sejak pukul 11.30 WIB. Untuk mengurai kepadatan tersebut, Jasa Marga mulai melakukan contraflow dari km 50+100 sampai 61+500 arah Cikampek.

Baca juga: Prediksi dan Strategi Jasa Marga Jelang Natal-Tahun Baru

Heru menjelaskan dengan adanya contraflow diharapkan bisa mengurai kepadatan jelan akses keluar atua pun masuk di lokasi rest area pada km 50 dan km 57. Pemberlakuan sistem lawan arah ini pun dilakukan berdasarkan diskresi pihak kepolisian.

Mengurai kepadatan lalu lintas, polisi melakukan contraflow di Km 37 hingga Km 66 Tol Jakarta-Cikampek pada Rabu (13/6/2018).KOMPAS.com/Farida Farhan Mengurai kepadatan lalu lintas, polisi melakukan contraflow di Km 37 hingga Km 66 Tol Jakarta-Cikampek pada Rabu (13/6/2018).

Jasa Marga menghimbau para pengguna kendaraan untuk selalu berhati-hati dalam berkendara, mematuhi rambu yang ada serta mengikuti arahan dari petugas yang ada di lapangan. Tidak lupa juga untuk memastikan kecukupan bahan bakar kendaraan juga saldo kartu tol, serta selalu mengutamakan keselamatan hingga tiba di tujuan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com