Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Resmi Mencopot Ghosn dari Pucuk Pimpinan

Kompas.com - 23/11/2018, 08:00 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nissan memberikan pengumuman resmi, Kamis (22/11/2018), untuk melengserkan Carlos Ghosn dari pucuk pimpinan perusahaan otomotif Jepang tersebut. Dalam pengumuman singkat tersebut, Nissan Motor Co., Ltd telah melakukan pertemuan di kantor pusat mereka di Yokohama untuk membahas kasus yang menimpa Ghosn.

Dalam lima poin yang diungkapkan Nissan antara lain, melengserkan Ghosn dari posisi Chairman of the Board serta Representative Director. Pengumuman itu juga membahas nasib direktur Greg Kelly yang turut terseret kasus ini yakni mencopot posisinya sebagai Representative Director.

Dari pengumuman tersebut juga diberitakan bahwa Nissan tetap memelihara hubungan aliansi dengan Renault dan sesegera mungkin meminimalisir dampak yang timbul dari kasus ini terutama dengan anggota aliansi. 

Baca juga: Susul Nissan, Mitsubishi Juga Pecat Carlos Ghosn

Selain itu Nissan juga tengah mempelajari kemungkinan untuk membentuk komite khusus yang berasal dari pihak ketiga, untuk mengurus masalah dengan peraturan pemerintah terutama soal kompensasi direktur. Nissan menunjuk tiga direktur independen yakni Masakazu Toyoda, Keiko Ihara dan Jean-Baptiste Duzan.

Ketiga orang ini juga akan ditunjuk untuk menjabat sebagai komite penasihat. Tugas mereka nantinya akan mengusulkan nomasi dari dewan direksi untuk posisi Ketua Dewan.

Untuk diketahui, Carlos Ghosn pada Senin (19/11/2018) lalu ditangkap penuntut umum di Tokyo setelah laporan mengenai pendapatannya tidak dilaporkan dengan benar. Ghosn juga dituduh menggunakan uang perusahaan untuk kepentingan pribadinya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com