Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Deras, GP Valencia Dihentikan Sementara

Kompas.com - 18/11/2018, 20:36 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

VALENCIA, KOMPAS.com - Kondisi cuaca yang tidak bersahabat pada gelaran GP Valencia, membuat race director mengibarkan bendera merah, dan balapan dihentikan sementara. Hujan deras menyebabkan lintasan basah dan jarak pandang pebalap makin pendek, dinilai berbahaya bila balapan dilanjutkan.

Andrea Dovizioso menjadi terdepan sesaat sebelum bendera merah dikibarkan, Minggu (18/11/2018). Dovi semoay mengangkat tangan untuk menghentikan balapan di saat cuaca hujan bertambah parah.

Sebelumnyam terjadi beberapa insiden, dikarenakan sirkuit yang basah hingga membuat banyak pebalap harus terjatuh.

Ada lima pebalap terjatuh hanya dalam sembilan putaran setelah balapan berlangsung. Setelah Jack Miller, Danillo Petrucci, Pol Espargaro, Marc Marquez, Andrea Iannone tercatat menjadi korban sirkuit yang basah.

Kondisi ini justru dinikmati oleh pebalap Suzuki, Alex Rins yang berada di depan sejak awal balapan. Ia dibuntuti oleh Andrea Dovizioso, dan Valentino Rossi di tempat kedua dan ketiga.

Maverick Vinales dari Yamaha yang start di posisi pertama berada di tempat keempat. Ia dibuntuti oleh Franco Morbidelli dari Marc VDS Honda.

Baca juga: Marquez Jatuh, Vinales Pole Position di Valencia

Belum selesai catatan baik Vinales, ia harus menghadapi kenyataan menjadi korban sirkuit Ricardo Tormo berikutnya. Ini menutup perjuangannya untuk meraih posisi ketiga klasemen.

Balapan masih berlanjut dengan Rins berada di depan. Disusul Dovizioso dan Rossi.

Tepat ketika memasuki lap ke-15, perebutan tempat pertama berganti antara Dovizioso dan Rossi meninggalkan Rins ditempat ketiga.

Saat Dovizioso berada di depan, ia mengangkat tangan pada panitia lomba untuk menghentikan pertandingan. Ini adalah hak yang bisa dilakukan pemimpin lomba untuk menghentikan balapan bila situasi bertambah buruk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com