Kompas.com - 17/11/2018, 08:22 WIB

VALENCIA, KOMPAS.com - Dani Pedrosa sudah dinobatkan menjadi legenda MotoGP pada seremonial sederhana sebelum dimulainya pekan terakhir musim 2018, yakni seri GP Valencia, Kamis (15/11/2018). Pedrosa kembali meyakinkan keputusannya pensiun sudah dipikirkannya sebelum musim ini dimulai.

Ini setelah banyak pertanyaan mengenai apakah dirinya menyesali dengan keputusan pensiunnya ini menyeruak ke permukaan. Terutama pertanyaan mengenai jalan yang mungkin berbeda jika ia harus memulai lagi karirnya dari nol.

“Sudah dibuat sejak sebelum musim ini dimulai. Sebelum hasil buruk di musim ini,” jelas Pedrosa dikutip dari Speedweek.com, Jumat (16/11/2018).

“Setelah setiap musim yang saya lewati, saya melihat ke belakang untuk musim ini dan menanyakan pertanyaan yang sama. Saya selalu menganalisa kekuatan lawan, apa yang mereka dapatkan, lalu ada kekhawatiran peningkatan yang mereka bisa ubah atau dapat. Saya tidak ingin mengubah apapun karena itu adalah bagian dari proses belajar saya dan membentuk karir saya sampai saat ini. Tidak ada jalan lain,” ucap Pedrosa.

Dani menjawab pertanyaan mengenai apa yang akan dirindukan dirinya setelah Minggu nanti selesai balapan. Salah satunya adalah podium dan perasaan ketika memenangi balapan. 

Baca juga: Jadi Legenda MotoGP, Pedrosa Jawab Pertanyaan Rival

“Saat kau tahu melewati garis finish dan memenangkan balapan. Saya akan merindukan itu,” ucap pebalap asal Spanyol tersebut.

Sekarang Pedrosa menjadi salah satu legenda MotoGP. Tapi siapa sebenarnya yang ia idolakan saat awal mula karirnya menjadi pebalap?

Pedrosa mengungkapkan dirinya adalah penggemar Mick Doohan karena gaya berkendaranya. Selain itu nama-nama seperti Rainey, Schwantz, Lawson juga ia jadikan contoh.

Lantas apakah Pedrosa akan segera kembali ke lintasan? Ini setelah pebalap Spanyol, Sete Gibernau, kembali turun di lintasan balap untuk mencoba kelas MotoE.

“Jangan pernah mengatakan tidak akan. Saya tidak tahu apa yang terjadi di masa depan dan apa yang akan terjadi beberapa tahun ke depan. Saya tidak bisa menebak. Saya tumbuh di suasana balap, di sini saya belajar banyak hal. Saya harap saya dapat melanjutkan untuk tetap di sini dan bersenang-senang,” ujar Pedrosa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Speedweek
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.