Sebelum Grand Vitara, Ini Deretan Mobil Suzuki yang "Pensiun Dini"

Kompas.com - 26/10/2018, 12:05 WIB
Suzuki New Splash www.suzuki.co.idSuzuki New Splash

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki Grand Vitara jadi produk Suzuki selanjutnya yang akan dipensiunkan Suzuki dalam waktu dekat. SUV tersebut juga sudah berhenti diproduksi di Jepang sebagai negara asal.

Ini menambah daftar panjang produk Suzuki yang pensiun. Sebelumnya ada beberapa produk yang juga dihentikan penjualannya di Indonesia.

Apa saja produk-produk tersebut?

Suzuki Aerio sempat diperkenalkan Suzuki pada 2001. Mobil ini masuk ke dalam tipe hatchback dengan mesin 1.500 cc. Aerio sempat menjadi rival Jazz dan Yaris generasi pertama dan produk ini terakhir ditawarkan pada 2008.

Suzuki Vitara, Escudo dan Sidekick. Ketiganya menghiasi lini produk Suzuki di medio 90-an. Vitara misalnya pertama kali dikenalkan 1992 dengan penggerak 4WD.

Suzuki Splash Akhirnya “Pensiun” di Indonesia

Lalu Escudo hadir 1994 dengan pilihan penggerak 2WD. Fitur dan tampilannya tidak berbeda jauh dengan Vitara. Lalu pada 1995 hadir Sidekick yang lebih ekonomis dari dua kakaknya.

Ketiganya berhenti dijual sekitar tahun 1997. Cerita berlanjut ke 2001 dimana Suzuki menawarkan produk SUV Escudo. Lalu pada 2003 Suzuki memperkenalkan Escudo tujuh penumpang. Namun nasib produk ini hanya sampai pada 2006.

Produk sedan Baleno sempat diperkenalkan pada 1996. Sedan ini bertahan hingga tahun 2003 menggantinya dengan SX4 crossover dan sekarang hadir dalam rupa hatchback.

Produk city car Splash pernah hadir pada 2008. Produk ini buah kerja sama antara Suzuki dan Opel di Eropa. Di Indonesia, Splash terakhir dijual 2016 lalu.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X