Bus Khusus buat Atlet Asian Para Games 2018 - Kompas.com

Bus Khusus buat Atlet Asian Para Games 2018

Kompas.com - 27/09/2018, 17:03 WIB
Tampak sejumlah kendaraan yang akan digunakan untuk menyambut atlet Asian Para Games 2018 di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (25/9/2018). Kendaraan tersebut di antaranya ambulift, sprinter car, dan bus low deck yang dimodifikasi untuk memfasilitasi atlet dengan kursi roda.KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA Tampak sejumlah kendaraan yang akan digunakan untuk menyambut atlet Asian Para Games 2018 di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (25/9/2018). Kendaraan tersebut di antaranya ambulift, sprinter car, dan bus low deck yang dimodifikasi untuk memfasilitasi atlet dengan kursi roda.


JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan ( Kemenhub) siap mendukung penyelenggaraan Asian Para Games 2018 yang akan dihelat pada 6-13 Oktober 2018. Sebagai bukti dukungannya, Kemenhub akan meyediakan 11 armada bus khusus yang akan digunakan sebagai sarana mobilitas para atlet.

"Kami menyiapkan 11 unit bus dengan kapasitas 10 kursi roda. Bus yang disiapkan berjenis low deck yang telah dimodifikasi dengan melepas tempat duduk, pemasangan stopper, dan seat belt bagi para atlet," ucap Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam siaran resminya, Kamis (27/9/2018).

Menurut Budi, selain bus khusus, nantinya Kemenhub juga akan mengakomodasi 100 unit bus ukuran medium dengan jenis high deck. Bus ini akan beroperasi selama Asian Para Games 2018 berlangsung untuk menunjang lalu lintas para atlet baik dari wisma ke tempat pertandingan atau sebaliknya.

Baca juga: Ini Skenario Lalu Lintas saat Pembukaan Asian Paragames

Sementara untuk kelancaran waktu pertandingan, Budi memastikan bahwa pembatasan mobil pribadi melalui sistem ganjil-genap juga akan kembali diterapkan. Bahkan ada pembatasan waktu operasional bagi angkutan barang.

Angkasa Pura II mengusung konsep ACTIF yakni Airport capacity, Communication, Traffic routes, Infrastructure and Facility dalam peningkatan teknologi sarana dan prasarana untuk menyambut Asian Para Games 2018.Dok. Angkasa Pura II Angkasa Pura II mengusung konsep ACTIF yakni Airport capacity, Communication, Traffic routes, Infrastructure and Facility dalam peningkatan teknologi sarana dan prasarana untuk menyambut Asian Para Games 2018.

"Selain ganjil-genap, kedaraan golongan III sampai V akan dibatasi operasionalnya di jalan tol," ucap Budi.

Sebelumnya Polda Metro Jaya juga sebelumnya sudah menyipkan strategi rekayasa lalu lintas saat pembukaan Asian Para Games 2018 pada 6 Oktober 2018 mendatang. Polisi akan melakukan pengalihan arus lalu lintas di seputar wilayah Senayan, mulai dari fly over, Ladokgi, Pintu FX Sudirman, Asia Afrika, Patal Senayan 1, Hanglekir, hingga kawasan Palmerah.



Close Ads X