Suspensi Byson Jadi Pilihan saat Bangun Motor Custom

Kompas.com - 19/09/2018, 11:08 WIB
Yamaha Byson Warna Barudok.Yamaha Yamaha Byson Warna Baru

DEPOK, KOMPAS.com - Di dunia modifikasi sepeda motor custom, suspensi depan Yamaha Byson bisa dibilang jadi favorit. Hampir semua builder yang pernah ditemui Kompas.com menggunakan suspensi Byson sebagai suspensi pengganti di motor garapannya.

Menurut para builder, suspensi Byson sangat cocok dipakai untuk ban berukuran besar. Selain itu harganya relatif lebih terjangkau, ketimbang suspensi limbah moge. Klaim itu ternyata bukan tanpa bukti.

Baca juga: Suspensi Yamaha Byson Laris buat Motor Modifikasi

Pemilik bengkel modifikasi Street Arts Custom di Depok, Ari Indra Perkasa pernah mengukur diameter as suspensi dan celah suspensi untuk ban dari suspensi Byson. Hasilnya ukurannya memang lebih besar dibanding motor lain, contohnya Yamaha Scorpio dan Kawasaki W175.

Kedua motor tersebut dijadikan bahan perbandingan karena merupakan dua motor yang relatif paling banyak dipakai untuk basis motor custom.

Salah satu shock depan bekas Yamaha Byson yang dijual di salah satu situs jual beli online.Tokopedia Salah satu shock depan bekas Yamaha Byson yang dijual di salah satu situs jual beli online.

Berikut hasil pengukurannya:

Diameter as suspensi

Byson 41mm
Scorpio 33mm
W175 30mm

 

Celah suspensi pada ban

Byson 118mm
Scorpio 112mm
W175 114mm

 

Menurut Arie, ukuran ban akan berpengaruh pada jarak aman di suspensi depan. Jadi sebelum membeli ban dengan ukuran tidak standar, ada baiknya mempertimbangkan dulu kondisi suspensi.

Arie menyebut untuk penggantian suspensi standar motor lain dengan Byson sendiri memang tidak bersifat plug and play. Sebab tetap harus ada beberapa ubahan, masing-masing terhadap as segitiga, as roda, dan braket cakram. Namun prosesnya dianggap tidak terlampau rumit.

Baca juga: Motor Trail Jadul Ini Aslinya Yamaha Scorpio

"Jadi buat teman-teman yang mau menggunakan ban ukuran lebih besar, solusinya pakai suspensi Yamaha Byson," kata Arie saat ditemui di bengkelnya, di Tirtajaya, Depok, Selasa (18/9/2018).

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X