Hasil Kawin Silang Royal Enfield dan Kawasaki W175 - Kompas.com

Hasil Kawin Silang Royal Enfield dan Kawasaki W175

Kompas.com - 16/09/2018, 08:42 WIB
Modifikasi konsep kawin silang antara Royal Enfield Classic Battle Green dengan Kawasaki W175.Ilham Altarom Modifikasi konsep kawin silang antara Royal Enfield Classic Battle Green dengan Kawasaki W175.

JAKARTA, KOMPAS.com - Royal Enfield dan Kawasaki diketahui punya produk yang menggunakan warna nyaris sama. Keduanya adalah Classic Battle Green dan W175 varian warna hijau.

Selain dari segi warna, kedua motor tersebut juga mengusung aliran motor bergaya jadul yang belakangan sedang nge-trend di Indonesia. Namun demikian, ada perbedaan mencolok yang bisa ditemukan di keduanya, yakni model jok dan body samping.

Perbedaan itulah yang coba dihilangkan oleh Ilham Altarom melalui modifikasi W175 miliknya. Didukung warna hijau bawaan asli motor, Ilham mengubah tunggangannya itu jadi nyaris mirip dengan Royal Enfield Classic Battle Green.

Baca juga: Kawasaki Pamerkan W175 Bergaya Flat Tracker

Royal Enfield Classic Battle Green milik putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming yang diubah menjadi bergaya bobber, Rabu (18/7/2018). Pengerjannya diserahkan ke bengkel custom Katros Garage di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan.Kompas.com/Alsadad Rudi Royal Enfield Classic Battle Green milik putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming yang diubah menjadi bergaya bobber, Rabu (18/7/2018). Pengerjannya diserahkan ke bengkel custom Katros Garage di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan.

Ubahan yang dilakukan Ilham pada W175-nya tergolong banyak. Mulai dari depan, ia mengganti suspensi asli dengan milik Yamaha Byson.

Sementara itu, swing arm menggunakan produk custom dengan penyesuaian lebar 26 centimeter. Selanjutnya, batok lampu juga dicopot dan diganti dengan lampu Daymaker serta cover headlamp yang lebih panjang.

Beralih ke bagian roda, Ilham menggunakan ban depan dan belakang Swallow SB 135 dengan ukuran 450-18 di depan dan belakang 500-16. Untuk menyesuaikan dengan ukuran ban, spatbor depan dan belakang juga diganti dengan produk custom.

Baca juga: Ubahan Simpel Kawasaki W175 Bergaya Caferacer

Royal Enfield Classic Battle Green.www.royalenfield.com/id Royal Enfield Classic Battle Green.

Bagian yang membuat motor ini jadi makin menyerupai Royal Enfield Classic Battle Green adaIah pada jok dan body samping. Ilham mengganti jok standar W175 dengan jok model terpisah. Selain itu dipasang pula body samping dengan model dua kotak.

Untuk menyempurnakan ubahan, Ilham juga memasang speedometer Fino yang dimodifikasi, serta spion, sein dan knalpot yang seluruhnya aftermatket.

Menurut Ilham, total biaya keseluruhan yang dihabiskan mencapai sekitar Rp 20 juta. Proses pengerjaannya sendiri diserahkan ke bengkel salah satu rekannya yang berlokasi di Pengasinan, Bekasi.

Baca juga: Motor Ini Bisa Diubah Jadi Apa Pun, Kali Ini Chopper

"Bengkelnya ini bengkel biasa, bukan spesialis custom. Tapi mekaniknya bisa berkarya buat motor custom," kata Ilham kepada Kompas.com, Sabtu (15/9/2018).


Komentar
Close Ads X