Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Impresi Santai Duduk di Kawasaki W175

Kompas.com - 15/12/2017, 08:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotifKawasaki W175 tak cuma menjanjikan penampilan extra ordinary berkendara sehari-hari dengan wajah British Retro-nya, tapi juga kenyamanan berkendara. Ini KompasOtomotif buktikan sendiri dalam sesi tes singkat di Bogor, belum lama ini.

Buat yang postur tubuhnya tak terlalu tinggi, antara 160 cm hingga 170 cm misalnya, tak perlu khawatir dengan riding position. Sepeda motor ini menyediakan posisi duduk yang rendah, bahkan cenderung santai.

Tinggi joknya tercatat hanya 775 mm. Kaki KompasOtomotif yang bertinggi badan 172 cm dengan gampangnya menapak sempurna ke tanah. Jok yang tebal dan lebar pun mendukung kenyamanan posisi paha pengendara.

Baca Juga: Baca juga : Inden W175 Lampaui Ekspektasi, Kawasaki ?Senyum?

Itu pun masih ditambah dengan tangki berkapasitas 13,5 liter yang terlihat besar, tapi didesain ergonomis untuk penempatan kaki. Besar di depan, tapi mengcil saat sampai di ujung jok. Praktis tidak ada gangguan sama sekali pada posisi duduk ini.

Kenyamanan itu juga didapat boncenger, yang mendapatkan posisi duduk dan pijakan kaki tak terlalu jauh ke depan. Jok empuk, dijamin tak bikin capek untuk pengendaraan jarak menengah, atau jauh sekali pun.

Posisi duduk sangat nyaman, tapi setang yang sedikit rendah membuat bodi agak menunduk.M Ghalib for KompasOtomotif Posisi duduk sangat nyaman, tapi setang yang sedikit rendah membuat bodi agak menunduk.
Setang
Puas berlama-lama dengan posisi duduk, KompasOtomotif langsung merasakan posisi berkendara dengan menggamit setang. Lebar setang dalam spesifikasi tercatat 765 mm, agak lebar, tapi ini akan berakibat baik untuk pengendalian yang ringan.

Masalahnya, Kawasaki membuat posisi setang agak ke bawah, atau kurang tinggi. Bayangan KompasOtomotif sebelumnya, posisi duduk bakal tegak, tapi ternyata harus sedikit menunduk.

Baca Juga: Baca juga : Kawasaki W175, Buat yang Bosan V-Ixion dan CB150R

Kawasaki mengakui hal ini, dan klaim mereka, posisi ini masih bisa ditoleransi. Semua itu dikompensasi dengan kenyamanan duduk dan handling yang dijanjikan ringan. Apalagi, pijakan kaki diposisikan di depan jok jika ditarik garis vertikal, seperti duduk biasa.

Buat yang merasa kurang tinggi di bagian setang, solusinya gampang, tinggal beli setang aftermarket yang lebih tinggi, atau menambahkan raiser.

Coba digerakkan, setang punya radius putar yang memungkinkan kemudahan berbelok, terutama saat putar balik. KompasOtomotif akan menjabarkan lebih detail dalam artikel selanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com