Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/08/2018, 16:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Helm jadi salah satu peralatan wajib berkendara motor. Belakangan model helm motor cross atau biasa disebut helm cakil jadi idola para pengguna motorsport.

Meski memiliki fungsi yang sama dengan helm lain, ternyata ada beberapa alasan mengapa helm cakil dibuat berbeda seperti itu.

"Itu semua ada fungsinya, selain melindungi kepala. Dari bagian plastik seperti kanopi di depan, tanpa kaca serta bentuk bagian mulut yang meruncing, ada fungsinya," ucap Instruktur keselamatan berkendara Honda Sofian Hazri saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Sofian mengungkapkan helm cakil selalu hadir dengan bagian topi yang sedikit memanjang dari pada helm biasa. Tujuannya untuk menahan ranting-ranting pohon serta kotoran mengganggu pandangan mata.

Kemudian bagian helm yang berada di bagian mulut pengendara, selalu memiliki desain maju ke depan. Tujuannya untuk menjaga asupan udara bagi pengendara.

Baca juga: Perhatikan Ini Bila Jadi Pembonceng di Motor Trail

"Berkendara trail di jalanan yang berlumpur atau tidak mulus butuh tenaga luar biasa. Untuk itu asupan udaranya juga harus lancar. Maka diberi ruang di depan mulut untuk mendapat udara lebih banyak. Bayangkan kalau dengan helm biasa, lebih sulit," ucap Sofian.

Soal asupan udara ini juga menjadi alasan helm cakil tidak menggunakan kaca pelindung. Pengendara lebih memilih menggunakan kacamata khusus untuk melindungi mata.

"Kalau tahu tujuannya jadi tidam bingung memilih helm. Pastikan helm nyaman digunakan, sesuaikan ukuran dengan baik. Lalu gunakan helm setiap berkegiatan dengan sepeda motor. Tidak lupa pelindung lain seperti sarung tangan, pelindung siku dan lutut," ucap Sofian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.