Ingat, Pakai Helm Sebelum Naik Motor - Kompas.com

Ingat, Pakai Helm Sebelum Naik Motor

Kompas.com - 15/08/2018, 11:02 WIB
Kapolres Garut memasangkan helm kepada istri seorang pemotor yang melintas di depan Mapolres Garut, Kamis (17/5/2018).KOMPAS.com/ARI MAULANA KARANG Kapolres Garut memasangkan helm kepada istri seorang pemotor yang melintas di depan Mapolres Garut, Kamis (17/5/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkendara sepeda motor merupakan kegiatan yang membutuhkan beragam persiapan. Utamanya persiapan keselamatan.

Selama ini sering menjadi pemandangan yang jamak ditemui, pengendara tidak mengenakan helm. Atau mengenakan helm namun nampak tidak digunakan dengan baik.

Instruktur keselamatan berkendara Honda, Sofian Hazri mengungkapkan, berkendara sepeda motor sudah diatur dalam undang-undang untuk wajib mengenakan helm.

Lantas kapan saat yang tepat menggunakannya? Sebelum menaiki motor atau saat berada di atas motor?

"Kapan penggunaannya? Tentunya sebelum berkendara. Mau sebelum naik motor atau di atas motor, penggunaan helm yang baik dan benar harus sudah dilakukan sebelum kendaraan berjalan," ucap Sofian saat dihubungi Selasa (14/8/2018).

Baca juga: Begini Cara Benar Rawat Kaca Helm

Penggunaan yang benar ini termasuk mengunci tali pengaman helm atau biasa disebut "klik". Selain itu wajib diperhatikan juga kelengkapan berkendara lain.

Beberapa di antaranya adalah jaket dan sarung tangan. Keduanya menjadi pengaman tambahan selama berkendara sepeda motor.

"Kalau dari urutannya pakai helm dulu baru sarung tangan. Jangan pakai sarung tangan dulu, karena nanti bisa kesulitan memasang kunci pengaman helm. Kalau jaket pastinya digunakan untuk tambahan perlindungan berkendara," ucap Sofian.


Komentar
Close Ads X