Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/08/2018, 09:02 WIB
Aris F Harvenda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Bandung, Kompas.com - Final lomba kompetensi bagi para mekanik dan Service Advisor (SA) AHASS serta teknisi Big Wing, bertajuk Astra Honda Technical Skill Contest (AH-TSC) di Bandung, Jawa Barat yang dihelat 13-14 Agustus 2018 berakhir sudah.

Usai melewati serangkaian tes teori dan praktik akhirnya terpilih yang terbaik dari tiap kategori. Terangkum trisula pegawai terbaik PT Astra Honda Motor (AHM) dalam hal layanan purna jual ke konsumen.

Ketiga pemenang tersebut berhak mendapatkan hadiah 1 unit New Honda PCX dan mewakili Indonesia dalam kompetisi tingkat Asia Oceania Honda Technical Skill Contest 2018, yang digelar di Surabaya, Jawa Timur pada Desember 2018.

Baca juga: Cara Honda Tingkatkan Kualitas Mekanik

Proses penilaian peserta Astra Honda Technical Skill Contest 2018KompasOtomotif - AFH Proses penilaian peserta Astra Honda Technical Skill Contest 2018

Kategori Big Bike dimenangkan oleh Dodik Kuswinarno dari Mitra Pinasthika Mulia, Surabaya, Jawa Timur. Sedangkan kategori teknisi AHASS diraih Masngudin dari Daya Adicipta Motora, Bandung, Jawa Barat. Sementara untuk SA, Nispi Rohmansyah dari Astra Motor Semarang, Jawa Tengah menjadi yang terbaik.

"Mental merupakan hal yang sangat menentukan dalam kompetisi ini. Latihan dan kerja sesuai prosedur secara tidak langsung menempa mental agar lebih stabil," ujar Dodik Kuswinarno usai penyerahan piala, di Bandung, Jawa Barat, Selasa (14/8/2018).

Baca juga: Honda Motor Rilis Jadwal Pengiriman Forza dan Super Cub ke Konsumen

Pada kesempatan yang sama pemenang kategori teknisi, Masngudin, menyampaikan bahwa biasanya teknisi kerap melakukan proses perbaikan tidak seusai prosedur baku. Jadi saat lomba, peserta cenderung tidak terbiasa.

Lain halnya dengan Nispi Rohmansyah yang menjadi pemenang kategori SA. "Hal tersulit ketika menjalani lomba adalah melawan diri sendiri. Solusi paling jitu adalah membiasakan diri bekerja sesuai prosedur yang berlaku. Dalam menghadapi konsumen, intinya jangan pernah memotong saat mereka menyampikan keluhan. Setelah selesai barulah kita coba berikan solusi yang terbaik bagi mereka," kata Nispi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com