Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita di Balik Mahalnya Harga Honda Super Cub C125

Kompas.com - 05/08/2018, 08:22 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com — PT Astra Honda Motor (AHM) membawa obat rindu bagi pencinta Super Cub dengan meluncurkan reinkarnasi C125 di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.

Tidak tanggung-tanggung, bebek premium ini pun langsung menyandang gelar sebagai bebek termahal di Indonesia.

Namun, di balik banderol Rp 55 juta yang disematkan AHM, ada kelebihan yang ditawarkan oleh motor yang tenar dengan sapaan "Si Pitung" alias "pitung puluh" pada eranya. Hal pertama yang paling mendasar sudah pasti dari nilai nostalgia.

Sejak Honda menghidupkan kembali bebek Seri C di Jepang dalam jumlah terbatas, sudah banyak konsumen di Indonesia yang menanti kehadirannya. Terutama mereka-mereka yang fanatik dengan Si Pitung.

Baca juga: Honda Forza dan Super Cub C125 Meluncur di Indonesia


Tapi perlu diketahui, meski memiliki DNA desain yang kuat dengan pandahulunya, tapi bicara teknologi dan fitur yang disematkan saat ini sudah sangat modern. Hal ini yang menjadi salah satu pertimbangan harga Super Cub melambung hingga tembus di atas Rp 50 juta dan masuk jajaran line-up premium Honda.

Dari sektor mesin, C125 sudah dijejali dengan teknologi SOHC berkubikasi 124,89 cc. Mesin tersebut diklaim mampu menghasilkan tenaga 9,7 Ps di putaran 7.500 rpm serta torsi 9,79 Nm pada 5.000 rpm, otomatis lebih bertenaga dari generasi perdananya.

Tingginya harga Super Cub juga coba diseimbangi dengan ragam fitur yang jadi perangkat standarnya. Walau kemasan retro, sistem pencahayaan sudah full LED, baik pada lampu depan, belakang, sampai sein. Panel instrumen dibentuk klasik yang mengkombinasikan tampilan digital dan analog sebagai pusat informasi kondisi kendaraan.

Honda Super Cub C125 di GIIAS 2018STANLY RAVEL Honda Super Cub C125 di GIIAS 2018

Berbeda dengan model lawas, menyandang status bebek premium, C125 juga mengadopsi sistem keyless. Tak perlu lagi repot memasukan anak kunci, cukup kantongi remote di kantong lalu putar knob di posisi on dan tekan tombol starter.

Keberadaan keyless, juga lebih menjamin sistem keamanan Si Pitung dari tangan-tangan jail. Bila pemilik lupa posisi parkir kendara, pada remote juga sudah disedikan answer back system yang memudahkan pencarian motor.

Baca juga: Ini Harga Resmi Honda Forza 250 dan Super Cub C125


Terakhir, faktor yang mempengaruhi tingginya banderol Super Cub C125 yakni produk ini dikirim langsung dari Thailand sehingga ada biaya pengirimannya yang menjadikan harga lebih besar dibanding produksi dalam negeri.

Bagi yang tertarik, konsumen bisa memesan langsung bebek premium ini di jaringan Big Wing Honda. Tersedia tiga pilihan warna yang ditawarkan, yakni pearl shining black, pearl niltava blue, dan pearl nebula red.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com