Kompas.com - 28/07/2018, 11:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Beberapa masyarakat yang mungkin terdesak dengan regulasi ganjil genap terpaksa mencari mobil tambahan di pasar mobkas, terutama karena kondisi angkutan umum yang tak memungkinkan menuju tempat kerja.

Namun, ada kabar baik, mereka tak perlu terpaku lagi pada nopol (nomor polisi/tanda nomor kendaraan bermotor/TNKB) ) yang diperlukan. Seperti misalnya, ketika mobil di rumah sudah berpelat ganjil, harus mencari yang genap, tanpa memedulikan tipe dan model kendaraan.

Sebab, pedagang mobil bekas seperti salah satunya di mobil88 sudah menyediakan layanan mengganti angka nopol. Namun, itu berlaku untuk konsumen yang melakukan pembelian di sana.

Sebuah mobil yang ditindak polisi pada Kamis (26/7/2018). Dari foto, terlihat mobil yang ditindak menggunakan dua pelat nomor, masing-masing B 2276 TZA dan B 2279 TZA. Tujuannya untuk mengakali peraturan ganjil genap.Instagram/TMC Polda Metro Jaya Sebuah mobil yang ditindak polisi pada Kamis (26/7/2018). Dari foto, terlihat mobil yang ditindak menggunakan dua pelat nomor, masing-masing B 2276 TZA dan B 2279 TZA. Tujuannya untuk mengakali peraturan ganjil genap.

“Betul, mobil88 juga menerima customer yang ingin mau perpanjang STNK, balik nama, bahkan ganti nopol. Namun, itu berlaku khusus mereka yang membeli mobil di mobil88 Jadi bukan customer bebas,” ujar Bayu Januar Head of Operation Development mobil88 kepada Kompas.com, Kamis (26/7/2018).

“Demi melayani kebutuhan tersebut, kami dibantu oleh vendor rekanan yang sudah tepercaya dan takkan bermasalah, biaya yang dikenakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku umum. Paling ada tambahan biasa jasa pengurusan vendor saja, itu pun tergantung tingkat kesulitan maupun lintas wilayah,” kata Bayu.

Di tempat lain, Herjanto Kosasih, Manajer Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, juga menginformasikan, pelayanan penggantian nopol juga tersedia di wilayahnya.

“Ada juga yang mengurus penggantian nopol di WTC. Sementara biayanya sekitar Rp 2 juta, kalau lebih dari itu berarti mahal, range-nya Rp 1,5 juta sampai Rp 2 juta dengan waktu pengerjaan dua sampai tiga hari,” ucap Herjanto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.