Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Harley Klasik Siap Pecahkan Rekor di Yogyakarta

Kompas.com - 21/07/2018, 08:42 WIB
Alsadad Rudi,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ratusan pecinta Harley Davidson klasik siap memecahkan rekor MURI dalam acara Indonesia Heritage Motorcycles 2018 yang digelar di kawasan Candi Prambanan, Yoyakarta, Sabtu (21/7/2018). Rekor yang akan dikejar adalah berkumpulnya ratusan motor Harley-Davidson klasik di satu tempat yang sama.

Tercatat ada sekitar 250 motor Harley klasik yang akan ikut serta. Seluruhnya merupakan Harley dengan tahun pembuatan 1903 hingga 1984.

"Ini baru kali pertama dilakukan. Kami berharap Indonesia Heritage Motorcycles 2018 akan tercatat dalam sejarah di dunia otomotif Indonesia," kata Ketua Umum Vintage Harley Davidson Enthusiast Indonesia (VHDEI) Boyke Soerianata selaku penyelenggara acara kepada Kompas.com, Jumat (20/7/2018).

Baca juga: Juli Mendatang, Ribuan Biker Motor Klasik Kumpul di Yogja

Ikatan Sport Harley Davidson (ISHD) menggelar Jelajah Wisata Bengkulu, Minggu (23/4/2017). Anggota ISHD beristirahat di kawasan Benteng Marlborouh, Kota Bengkulu.KOMPAS.COM/FIRMANSYAH Ikatan Sport Harley Davidson (ISHD) menggelar Jelajah Wisata Bengkulu, Minggu (23/4/2017). Anggota ISHD beristirahat di kawasan Benteng Marlborouh, Kota Bengkulu.

Tak cuma sekadar berkumpul, para peserta nantinya juga akan riding bersama. Rute yang akan ditempuh adalah dari Kompleks Candi Prambanan menuju Tebing Breksi. Seluruh peserta nantinya akan menggunakan pakaian harian tradisional khas Jawa, Surjan.

Selain itu, akan ada agenda sosial dalam pemecahan rekor tersebut, yakni kegiatan tanam pohon dan donor darah untuk para pemotor. Boy menyatakan kegiatan semacam ini diharapkan menjadi sebuah ajang silaturahmi bagi pemilik motor tua.

Baca juga: Motor-motor Era Penjajahan Serbu Yogya Juli Mendatang

"Karena kalau bukan kita, siapa lagi yang mau melestarikan motor-motor klasik ini. Jadi dengan adanya kegiatan ini, semoga anak cucu kita bisa melihat langkah awal kita semua," ucap Boyke.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com