Perfoma Skutik Nex II untuk Menjelajah Rute Dalam Kota

Kompas.com - 13/07/2018, 08:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak cukup sulit untuk menemukan arena yang tepat guna menjajal Suzuki Nex II. Skutik dengan mesin 113 cc 4-tak 1 silinder SOHC fuel injection ini memang ditujukan untuk kendaraan masyarakat perkotaan.

Maka dipilihlah rute sejauh 50 kilometer yang dimulai dari bilangan Kemang, Jakarta Selatan dilanjutkan ke arah Lebak Bulus, Pondok Cabe, Taman Kota 2 BSD, lalu berlanjut ke Alam Sutra. Kondisi lalu lintas ketika pengetesan ramai lancar yang membuat test ride dapat menggambarkan bagaimana skutik ini digunakan untuk harian.

Berada di atas jok Nex II, KOMPAS.com yang memiliki tinggi 169 cm tidak mengalami kesulitan dalam menjejakkan kaki di atas aspal. Bagi pengendara wanita menaiki skutik ini tentu tidak akan kesulitan.

Tiga titik posisi berkendara mulai dari tangan, tempat duduk dan kaki terbilang nyaman. Lebar kemudi cukup membuat pengendara mampu mengendalikan motor dengan sigap, pijakan kaki pun nyaman dengan beragam posisi akibat floorboard juga bertambah luas (panjang 413 mm dan lebar 168 mm).

Baca juga: Suzuki Jaga Harga Nex II Tetap Murah

Performa mesin

Tenaga mesin 113 cc Nex II terbilang mencukupi untuk melahap beragam kondisi jalan dari Jakarta Selatan sampai Alam Sutra. Tidak ada masalah saat tanjakan dan turunan serta saat ingin sedikit bersenang-senang menjajal tenaga mesin baru tersebut.

Sayangnya, mesin ini kurang responsif untuk dapat langsung menyalurkan tenaga. Ada sedikit jeda waktu saat tuas gas diputar sampai pengendara dapat benar-benar merasakan tenaga yang bertambah, seperti putaran bawah yang kosong dan baru terisi di putaran tengah sampai atas.

Namun bisa jadi ini karakter mesin baru sebab Suzuki mengungkapkan unit yang digunakan KOMPAS.com benar-benar baru dan masih dalam masa break-in (inreyen).

Ukuran dimensi skutik yang masih terbilang ringkas, membuat Nex II dengan mudah bermanuver. Pun saat bertemu dengan kepadatan lalu lintas, skutik ini mampu melewati area-area sempit dengan mudah.

Kelebihan ini juga diperlihatkan saat sesi tes ala pengujian SIM. Dalam arena terbatas, Nex II dengan mudah diajak bermanuver zig-zag, berputar dan membentuk angka 8.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.