Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita di Arab Saudi Sudah Boleh Mengemudi

Kompas.com - 26/06/2018, 11:42 WIB
Febri Ardani Saragih,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JEDDAH, KOMPAS.com – Wanita di Arab Saudi akhirnya bisa legal mengemudi mobil untuk pertama kalinya sepanjang sejarah pada Minggu (24/6/2018). Era baru ini disambut gembira masyarakat, lebih dari 120.000 wanita mendaftarkan diri untuk mendapatkan izin mengemudi.

“Permintaan untuk mendapatkan izin mengemudi sangat tinggi,” ucap Maj. Gen. Mansour Al Turki, juru bicara resmi Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi seperti dilansir dari cnn.com.

Pencabutan larangan wanita mengemudi di Arab Saudi sudah digaungkan sejak September lalu. Tadinya wanita yang ingin bepergian harus menyewa sopir laki-laki, sekarang lebih banyak wanita bisa bekerja, berwiraswasta, dan mengeksplorasi karena larangan sudah dihapus.

Baca juga: Dukungan buat Wanita Arab Saudi Boleh Mengemudi

Keputusan pencabutan itu merupakan kunci ambisi Arab Saudi untuk mengembangkan perekonomian, dikenal dalam Vision 2030. Usaha ini didukung penuh oleh Pangeran Arab Saudi Mohammed bin Salman.

Walau sudah bebas mengemudi, masih banyak larangan untuk wanita di Arab Saudi, misalnya soal pernikahan, pekerjaan, atau bepergian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com