Simak Tips Mudik Aman dari Polisi

Kompas.com - 13/06/2018, 18:02 WIB
Kendaraan pemudik melintasi di ruas tol fungsional Batang-Semarang, Jawa Tengah, Selasa (12/6/2018). Kenaikan volume kendaraan mengakibatkan antrean sepanjang 1 kilometer jelang exit toll Grinsing dan adanya pembangunan Jembatan Kalikuto dan dijadwalkan baru akan selesai pada H-2 lebaran. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGKendaraan pemudik melintasi di ruas tol fungsional Batang-Semarang, Jawa Tengah, Selasa (12/6/2018). Kenaikan volume kendaraan mengakibatkan antrean sepanjang 1 kilometer jelang exit toll Grinsing dan adanya pembangunan Jembatan Kalikuto dan dijadwalkan baru akan selesai pada H-2 lebaran.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat yang akan mudik ke kampung halaman, perlu memperhatikan segala hal. Bukan hanya kendaraan, tetapi fisik, hingga etika berkendara harus menjadi prioritas agar tetap aman dan nyaman sampai di tempat tujuan.

Nah, buat Anda yang baru mulai perjalanan berikut ada beberapa tips yang diberikan oleh Brigjen Pol Chryshnanda Dwilaksana, Direktur Keamanan dan Keselamatan Korps Lalu Lintas (Dirkamsel Korlantas) Polri.

- Siapkan diri, kalau lelah atau mengantuk, lebih baik mencari tempat istirahat dan berhenti di lokasi-lokasi yang tidak mengganggu pengguna jalan lain. Pastikan aman dan selamat.

- Siapkan kondisi kendaraan, karena jika terjadi kerusakaan maka akan menimbulkan banyak masalah termasuk kemacetan. Ini juga bagian bentuk kepekaan dan kepedulian terhadap sesama pengguna jalan lainnya.

Baca juga: Polisi Ingatkan Lagi Bahaya Mudik Pakai Motor

- Jangan terburu-buru dan paling penting jangan terpancing emosi atau malah kebut-kebutan. Kondisi seperti itu bisa berdampak fatal untuk diri sendiri maupun pengendara lain di sekitar.

- Terakhir, wajib mentaati semua peraturan dan petugas yang ada di lapangan. Kepatuhan para pengendara akan berdampak pada keselamatan dan keamanan ketika berlalu lintas.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X