Agar Selamat, Sebaiknya Jangan Mengemudi pada Malam Hari

Kompas.com - 05/06/2018, 15:09 WIB
Tim Merapah Trans Jawa 3 Kompas.com melintas di tol Kertosono-Mojokerto pada malam hari. Kompas.com/Wahyu Adityo ProdjoTim Merapah Trans Jawa 3 Kompas.com melintas di tol Kertosono-Mojokerto pada malam hari.
Penulis Alsadad Rudi
|

MOJOKERTO, KOMPAS.com — Mengemudi jarak jauh pada malam hari dinilai tidak baik dilakukan. Selama masih bisa berkendara pada siang hari, pengendara disarankan tidak mengemudi pada saat hari telah gelap.

Pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu menyebut ada beberapa faktor kenapa mengemudi jarak jauh pada malam hari tidak direkomendasikan.

"Kalau perjalanan dalam kota saat malam hari tidak masalah, termasuk perjaalanan para commuter. Tapi, yang menjadi masalah adalah perjalanan ke luar kota dengan waktu yang lebih dari 2 jam," kata Jusri kepada Kompas.com, Selasa (5/6/2018).

Menurut Jusri, faktor pertama tidak direkomendasikannya mengemudi jarak jauh pada malam hari disebabkan jam biologis tubuh manusia.

Secara alamiah tubuh manusia akan cenderung mengalami penurunan kemampuan pada malam hari. Karena itu, malam hari merupakan waktu untuk istirahat.

Baca juga: Perhatikan Ini Saat Berkendara pada Malam Hari

Sebaik apa pun lampu kendaraan, lampu penerangan jalan, bahkan ditambah terang bulan sekalipun, Jusri menilai, titik fokus mata dan tingkat konsentrasi saat berkendara tetap lebih baik saat siang hari.

"Kadar oksigen juga sudah berkurang pada malam hari," ucap Jusri.

Tim Merapah Trans Jawa 3 Kompas.com melintas di tol Kertosono-Mojokerto pada malam hari.Kompas.com/Alsadad Rudi Tim Merapah Trans Jawa 3 Kompas.com melintas di tol Kertosono-Mojokerto pada malam hari.

Faktor selanjutnya adalah belum disiplinnya sebagian besar pengendara di Indonesia. Jusri mencontohkan masih banyak pengendara yang tidak disiplin dalam penggunaan pencahayaan lampu.

Belum lagi pengendara yang tidak melengkapi kendaraannya dengan penerangan yang layak.

"Tidak ada lampu rem, tahu-tahu pantat truk sudah dekat," ujar Jusri.

Faktor terakhir yang dianggap Jusri membuat mengemudi jarak jauh pada malam hari tidak direkomendasikan adalah buruknya infrastruktur. Masih banyaknya lubang di permukaan jalan ataupun jembatan yang tidak memiliki pagar pembatas yang aman.

Baca juga: Liburan Naik Mobil? Bijaksana Mengemudi Malam Hari!

"Dengan sejumlah faktor tersebut, mutlak mengemudi jarak jauh saat malam hari tidak direkomendasikan. Kalau bisa ditunda, sebaiknya diganti siang hari," pungkas Jusri.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X