Arti Garis Warna-warni di Ban Baru

Kompas.com - 15/05/2018, 18:03 WIB
Beberapa tipe ban merek Bridgestone. Kompas.com/Alsadad RudiBeberapa tipe ban merek Bridgestone.
Penulis Alsadad Rudi
|

Karawang, KOMPAS.com - Garis warna-warni biasanya ditemukan pada telapak ban yang masih baru.

Sebelum dipakaikan ke pelek, garis ini masih bisa terlihat. Namun seiring masa pemakaian, garis ini hilang dengan sendirinya.

Training and Product Evaluation Department Manager Bridgestone Indonesia Deni Arief Pribadi menjelaskan, garis warna-warni dibuat untuk memudahkan petugas pabrik membedakan ukuran ban.

Baca juga: 4 Langkah Periksa Ban Agar Selamat di Jalan

"Jadi tidak ada pengaruhnya ke spesifikasi atau performa ban. Cuma untuk memudahkan membedakan ukurannya," kata Deni saat ditemui di pabrik Bridgestone di Karawang, pekan lalu.

Berbagai tipe ban merek Bridgestone.Kompas.com/Alsadad Rudi Berbagai tipe ban merek Bridgestone.

Sampai sejauh ini, seluruh ban kendaraan umumnya berwarna hitam. Untuk bisa membedakan ukuran dan jenis, kita harus mengamati bagian pinggirnya.

Cara ini tentu menyulitkan untuk petugas pabrik yang harus memindahkan ban dalam jumlah banyak. Sehingga dibuatlah garis untuk memudahkan pekerjaannya.

Baca juga: Konsekuensi Pakai Ban Soft untuk Harian

"Cukup melihat tapaknya saja, sudah langsung tahu ukurannya berapa. Tidak perlu sampai mengamati bagian sampingnya," kata Deni.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X