Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/05/2018, 09:02 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|

Jakarta, KOMPAS.comToyota Avanza kembali harus mengakui keunggulan Mitsubishi Xpander. Kali ini terjadi selama berlangsungnya pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018.

Berdasarkan angka surat pemesanan kendaraan (SPK) yang sudah dipublikasikan masing-masing agen pemegang merek, jumlah SPK Avanza hanya mencapai 776 SPK, sedangkan Xpander mencapai lebih dari 1.300 SPK.

Baca juga: Penjualan Mitsubishi di IIMS 2018 Lampaui Target

Di luar IIMS 2018, angka penjualan Xpander juga selalu lebih unggul dari Avanza dalam tiga bulan terakhir.

Salah satu Mitsubishi Xpander dan Toyota Avanza yang sedang terpakir di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta.Kompas.com/Alsadad Rudi Salah satu Mitsubishi Xpander dan Toyota Avanza yang sedang terpakir di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), wholesales Xpander pada Januari-Maret 2018 mencapai 21.972 unit, saat Avanza hanya 21.413 unit. 

Pencapaian tersebut sekaligus menjadikan Xpander menduduki takhta teratas di segmen low MPV. Segmen yang sebelumnya sudah cukup lama dikuasai Avanza sebelum datangnya Xpander.

Meski digebuk rival di segmen low MPV, penjualan Toyota Astra Motor (TAM) secara keseluruhan masih lebih tinggi dibandingkan Mitsubihi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Selama IIMS 2018, MMKSI mencatatkan angka pemesanan kendaraan mencapai 2.644 SPK, sedangkan TAM mendapat 3.328 SPK.

Baca juga: Toyota Jualan 3.300 Unit Selama IIMS 2018

Mitsubishi Xpander dapat rival baru dari Suzuki All New Ertiga di IIMS 2018Kompas.com / Setyo Adi Mitsubishi Xpander dapat rival baru dari Suzuki All New Ertiga di IIMS 2018

MMKSI dan TAM merupakan beberapa agen pemegang merek yang data penjualannya sudah dipublikasikan penyelenggara IIMS.

Baca juga: Toyota Masih Nomor Satu, Mitsubishi Kedua Kuartal I-2018

Hingga Selasa (1/5/2018), Project Director IIMS Hendra Noor Saleh menyatakan rekapitulasi SPK yang sudah tercatatkan di penyelenggara ada di angka 11.075 SPK.

"Angka ini segera terkoreksi bila sejumlah APM besar menyampaikan achievement di IIMS dalam beberapa jam ke depan," ucap Kohen melalui keterangan tertulisnya pada Selasa sore.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.