Kompas.com - 19/04/2018, 10:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) untuk pertama kalinya sejak menjabat pada 2014 meresmikan pembukaan salah satu ajang otomotif tahunan terbesar, Indonesia International Motor Show (IIMS), Kamis (19/4/2018).

Selama empat tahun terakhir, IIMS selalu dibuka oleh Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla. Dalam sambutannya, Jokowi menyemangati industri otomotif untuk bergerak menghadapi kemajuan zaman.

“Dua pekan lalu bersama Menteri Perindustrian, saya baru meresmikan program Making Indonesia 4.0 sebagai tanggapan pemerintah atas fenomena revolusi industri 4.0. Industri 4.0 akan mentransformasi industri otomotif,” kata Jokowi di atas panggung.

Mobil Listrik

Salah satu contoh transformasi yang disebutkan adalah soal mobil listrik. Jokowi bertutur bahwa diprediksi industri otomotif akan menciut 90 persen bila masuk ke era mobil listrik.

Penyebabnya, mobil listrik lebih sederhana ketimbang mobil konvensional. Jumlah komponen yang digunakan hanya 1/10, jarang mogok, dan tidak perlu sering dirawat. Efeknya penggunaan komponen perakitan mobil akan berkurang dan bengkel juga kehilangan pekerjaan.

Baca Juga: Ini Titik Shuttle Bus Menuju IIMS 2018

Di lain sisi, kemajuan e-commerce dengan jasa aplikasi seperti GoJek dan Grab juga bakal mempengaruhi otomotif karena masyarakat akan lebih sering menggunakan satu mobil bersama-sama.

Jokowi bercerita, BMW saat ini sedang merancang program pemakaian mobil dengan abodemen bulanan. Artinya nantinya bisa saja banyak orang bisa mengakses mobil apa saja, kapan saja, dan di mana saja.

Presiden RI Joko Widodo berkeliling IIMS 2018 didampingi CEO Kompas Gramedia Lilik Oetama (baris kedua di kanan)Ghulam Nayazri/Kompas.com Presiden RI Joko Widodo berkeliling IIMS 2018 didampingi CEO Kompas Gramedia Lilik Oetama (baris kedua di kanan)


“Tren seperti ini harus diperhatikan, ‘Ngapain masih beli mobil’? Hati-hati ini. Kalau orang hanya panggil mobil dan kalau mobil listrik komponen sedikit dan jarang sekali masuk bengkel, industri akan menciut luar biasa,” ucap Jokowi.

“Itu prediksi dan itu yang saya enggak percaya. Kalau pesimis seperti itu saya enggak percaya,” katanya lagi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.