Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Bebek Lain yang Layak Dikoleksi buat Nostalgia

Kompas.com - 15/03/2018, 20:01 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com — Salah satu Honda Astrea Grand lansiran 1991 menarik perhatian khalayak setelah dikabarkan dibeli dengan harga Rp 80 juta. Selaku produsen, Astra Honda Motor (AHM) menyatakan Grand merupakan salah satu motor legendaris yang masih banyak dicari sehingga banyak diburu oleh para kolektor.

Selain Grand, masih ada beberapa motor lainnya yang juga dikabarkan banyak dicari.

Kompas.com mencoba merinci beberapa motor bebek zaman dulu lainnya yang dikabarkan banyak dicari, berdasarkan keterangan bengkel-bengkel modifikasi maupun agen tunggal pemegang merek. Berikut daftarnya:

Baca juga: Deretan Motor Sport Fairing Idaman Remaja 90-an

1. Honda Super Cub 70

Inilah salah satu motor bebek legendaris yang dimiliki Honda. Saking legendarisnya, Honda bahkan memproduksi kembali motor yang di tengah masyarakat dikenal dengan nama "pitung puluh" ini.

Baca juga: Honda Kembali Produksi Bebek Pitung Puluh

Beberapa bengkel modifikasi di Depok mengungkapkan kerap menerima permintaan restorasi Super Cub. Bagi yang ingin tapi tak kesampaian mendapatkan, ada yang sampai meminta bengkel untuk mengubah tampilan motor bebek lain menjadi ala Super Cub.

Pemilik bengkel Central Classic Custom, Nolavander, mengaku sudah beberapa kali menerima pesanan ubahan retro motor bebek menjadi ala Super Cub. Ubahan ala Super Cub menjadi salah satu ubahan favorit pelanggannya.

Untuk ubahan ala Super Cub, Nola mensyaratkan sebaiknya basis motor bebek yang digunakan adalah keluarga Astrea, baik Grand, Star, Prima, Impressa, maupun Legenda. Karena hanya rangka dari motor-motor itulah yang cocok diubah menjadi Super Cub.

"Supra rangkanya sudah beda. Bisa saja sih Supra, tapi kita ambil mesinnya saja. Rangka harus diubah," ujar Nola saat ditemui Kompas.com beberapa waktu lalu.

Salah satu Honda Super Cub 70. Super Cub 70 merupakan salah satu motor lawas yang banyak digemari dan belakangan banyak diburu penggemarnya.KompasOtomotif/Alsadad Rudi Salah satu Honda Super Cub 70. Super Cub 70 merupakan salah satu motor lawas yang banyak digemari dan belakangan banyak diburu penggemarnya.


2. Yamaha V80

Eddy Ang General Manager Marketing Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menyebut V80 merupakan motor lawas yang masih populer di kalangan kolektor. V80 merupakan motor bebek bermesin 2-tak yang eksis pada era 80-an.

"Motor klasik Yamaha, terutama dari era 2-Tak punya tempat tersendiri di hati penggemar motor lawas," kata Eddy kepada Kompas.com, Kamis (15/3/2018).

Yamaha V80Flickr Yamaha V80


3. Yamaha 125ZR

125ZR merupakan bebek Yamaha bermesin tegak yang eksis pada 90-an. Menurut Eddy, 125ZR merupakan bebek 2-tak Yamaha lainnya yang menjadi buruan kolektor sehingga dihargai tinggi.

Yamaha 125ZRvpowermotor.com.my Yamaha 125ZR


4. Suzuki Satria 120R

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com