Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjil-Genap buat Atasi Tingkat Kemacetan di Bekasi yang Sangat Tinggi

Kompas.com - 12/03/2018, 08:56 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Bekasi, KOMPAS.com - Kebijakan ganjil-genap mulai diterapkan di pintu Tol Bekasi Barat dan Timur mulai Senin (12/3/2018). Skema untuk mengurai kemacetan di jalan Tol Jakarta-Cikampek ini dilakukan setiap Senin-Jumat (kecuali libur nasional) pukul 06.00 WIB-09.00 WIB.

Menurut Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Royke Lumowa, tingkat kemacetan di Bekasi sudah sangat tinggi, sehingga perlu dilakukan pembatasan lalu lintas.

“Kalau diurutkan dari A sampai F, tingkat kemacetannya sudah mendekati F, jadi perlu ada pengaturan lalu lintas salah satunya seperti ini,” kata Royke di Bekasi, Senin (12/3/2018).

Kondisi kemacetan di Bekasi, kata Royke bukan hanya karena ada pembangunan infrastruktur LRT, MRT, dan lain sebagainya. Sebelum itu juga macet, sekarang ditambah oleh adanya pembuatan jalan itu, sehingga bertambah macet.

Baca juga: OtoLive News: Pantau Kondisi Ganjil-Genap di Tol Jakarta-Cikampek

Royke berharap, paket kebijakan yang disiapkan untuk mengurai kemacetan di ruas Tol Jakarta-Cikampek, bisa berjalan efektif, sebingga kondisi lalu lintas di ruas jalan bebas hambatan itu menjadi lebih lancar dari sebelumnya.

“Mulai sekarang sampai seterusnya kita akan lakukan evaluasi, namun kita harapkan bisa berjalan dengan lancar,” ucap Royke.

Terdapat tiga paket kebijakan yang diterapkan, yaitu pembatasan jam operasional truk angkutan barang kategori III, IV dan V melintas di ruas jalan tol Jakarta Cikampek dari kedua arah.

Baca juga: Ganjil-Genap di Tol Cikampek Hanya Berlaku Tiga Jam

Paket kedua, penyediaan lajur bus atau angkutan umum di dalam tol. BPTJ memberikan lajur satu untuk semua jenis kendaraan umum dapat lewat jalur khusus tersebut.

Terakhir penerapan ganjil genap (gage) di gerbang tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur. Semua paket kebijakan itu berlaku setiap Senin-Jumat pukul 06.00-09.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com