Estimasi Biaya Restorasi Sepeda Motor era 1980-an

Kompas.com - 01/03/2018, 09:02 WIB
Salah satu Honda GL100 lansiran 1985 yang sudah direstorasi di bengkel Central Classic Custom, Gandul, Depok. Dokumentasi/Central Classic CustomSalah satu Honda GL100 lansiran 1985 yang sudah direstorasi di bengkel Central Classic Custom, Gandul, Depok.
Penulis Alsadad Rudi
|

Depok, KOMPAS.com - Bengkel-bengkel custom aliran retro sebenarnya tidak cuma melayani ubahan bentuk motor. Tapi bisa juga memperbarui kembali tampilan motor lama agar kembali kinclong. Tanpa sedikitpun mengubah bentuk.

Hal itulah yang dilakukan bengkel dan toko aksesori Central Classic Custom terhadap salah satu Honda GL100 lansiran 1985. Pemilik bengkel, Nolavander menyatakan pada saat pertama kali tiba di bengkel, 70 persen sudah dalam kondisi rusak.

Baca juga : Ingin Modif Motor Retro, Ini Daftar Harga Aksesorinya

"Jadi dari mulai sepatbor, jok, pelek sampai painting semua baru. Kalau untuk mesin kita servis ringan saja," kata Nola kepada Kompas.com, Selasa (27/2/2018).

Salah satu Honda CB100 lansiran era 1970-an yang sudah direstorasi di bengkel Central Classic Custom, Gandul, Depok.Dokumentasi/Central Classic Custom Salah satu Honda CB100 lansiran era 1970-an yang sudah direstorasi di bengkel Central Classic Custom, Gandul, Depok.

Menurut Nola, biaya yang dikenakan bengkelnya untuk restorasi GL100 mencapai Rp 4,5 juta. Semua aksesori yang dipakai diambil dari toko milik sendiri.

Nola mengatakan bengkelnya sudah sering merestorasi motor-motor lama agar kembali kinclong. Tidak cuma GL100, tapi juga CB100 yang merupakan produk keluaran tahun 1970-an.

"Kalau untuk restorasi, kebanyakan yang datang memang pemilik motor-motor tua," ujar Nola.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X