Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siasati Mahalnya Suku Cadang Mobil Mewah

Kompas.com - 20/02/2018, 17:39 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

Jakarta, KOMPAS.com - Suku cadang mobil mewah biasanya cukup sulit dicari. Harganya pun relatif mahal.

Namun ternyata ada solusi untuk menyiasati kondisi tersebut. Caranya dengan mendatangi bengkel spesialis suku cadang rekondisi.

Baca juga : Pertimbangan Suku Cadang Kukuhkan Beli Toyota Rush

Bengkel Lili adalah salah satu bengkel spesialis suku cadang rekondisi, khususnya di sektor kaki-kaki. Di bengkel yang berlokasi di Jalan Haji Nawi, Jakarta Selatan ini, pemilik mobil mewah dapat menemukan suku cadang di sektor kaki-kaki dengan harga yang relatif murah, seperti bushing arm, tutup karet stabilizer, karet tie rod, ataupun karet ball joint.

 

Mesin untuk mencetak suku cadang rekondisi mobil mewah yang digunakan bengkel Lili di Jalan Haji Nawi, Jakarta Selatan, Selasa (20/2/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Mesin untuk mencetak suku cadang rekondisi mobil mewah yang digunakan bengkel Lili di Jalan Haji Nawi, Jakarta Selatan, Selasa (20/2/2018).

Penanggung jawab di bengkel Lili, Wawan mengatakan, suku cadang sektor kaki-kaki rekondisi di bengkelnya bisa dibeli satuan tergantung tingkat kerusakan. Sehingga tidak perlu seperti suku cadang asli yang biasanya dijual sepaket.

Wawan mencontohkan bushing arm yang bisa dibeli dengan kisaran harga hanya Rp 150.000 hingga Rp 400.000, tergantung jenis mobil. Beberapa konsumen yang biasanya datang mencari suku cadang di antaranya para pemilik mobil BMW, Mercedes Benz, Hummer, ataupun Toyota Camry dan Alphard.

Baca juga : Suzuki Jamin Suku Cadang untuk Pemilik Motor Lawas

"Untuk yang asli mungkin bisa Rp 1,5 juta. Karena belinya harus satu paket sama lower arm. Jadi jatuhnya mahal. Kalau kami bisa hanya per kerusakannya (tidak harus beli satu paket). Kalau cuma karet, ya karetnya saja yang diganti," kata Wawan saat ditemui Selasa (20/2/2018).

 

Alat untuk mencetak suku cadang rekondisi mobil mewah yang digunakan bengkel Lili di Jalan Haji Nawi, Jakarta Selatan, Selasa (20/2/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Alat untuk mencetak suku cadang rekondisi mobil mewah yang digunakan bengkel Lili di Jalan Haji Nawi, Jakarta Selatan, Selasa (20/2/2018).

Menurut Wawan, suku cadang yang pihaknya jual merupakan produksi sendiri. Pembuatannya menggunakan mesin bubut dan mesin khusus buatan dari China.

Walaupun kebanyakan konsumennya rata-rata pemilik mobil mewah, Wawan menyebut bengkelnya juga bisa menerima pesanan pembuatan suku cadang mobil menengah ke bawah.

Baca juga : Cara Berburu Suku Cadang Mercy G-Class Klasik

"Misalnya untuk dapat sparepart-nya harus order lama, kami buatkan bisa nanti dicetak sendiri. Jadi kami belanja bahan karetnya dari pabrik di Bandung, kami cetak sendiri di sini. Asal ada contohnya barangnya," ujar Wawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com